PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM MEMBUAT GAME ACTION ADVENTURE

Ihsan, Rahmadanil and Pratama, Muhammad Fadli and Rusjdi, Darma (2020) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE DALAM MEMBUAT GAME ACTION ADVENTURE. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201631212_Rahmadanil Ihsan_Revisi_Skripsi_RAHMADANIL IHSAN 3.docx] Text
201631212_Rahmadanil Ihsan_Revisi_Skripsi_RAHMADANIL IHSAN 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Game adalah hiburan yang banyak digemari masyarakat, bermain game adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan dan lelah setelah melakukan aktifitas, sampai sekarang banyak genre game yang di produksi oleh para developer. Salah satu genre game tersebut adalah game dengan genre action adventure, namun banyak game yang bergenre seperti ini memberikan gameplay yang kurang menarik sehingga pengalaman bermain yang diberikan terasa kurang memuaskan, baik dari segi gameplay maupun tingkat kecerdasan musuhnya, oleh sebab itu penulis bermaksud membuat sebuah game dengan genre action adventure yang berjudul “The Legend of Sonya” dengan mengimplementasikan metode FSM (Finite State Machine) pada karakter musuh didalam game. Pembuatan game akan menggunakan aplikasi Unity 3D, sedangkan untuk bahasa pemrograman akan menggunakan bahasa C#. Berdasarkan hasil pengujian menunjjukan bahwa game “The Legend of Sonya” berhasil dibuat dan berdasarkan hasil kuesioner dari beberapa responden yang telah menguji game ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa game “The Legend of Sonya” dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih menarik.

Games are entertainment that is popular with the public, playing games is one way to get rid of boredom and fatigue after doing activities, until now many game genres have been produced by developers. One of these game genres is a game with the action adventure genre, but many games with this genre provide less interesting gameplay so that the playing experience that is given feels unsatisfactory, both in terms of gameplay and the level of intelligence of the enemy, therefore the author intends to make a game with the action adventure genre entitled "The Legend of Sonya" by implementing the FSM (Finite State Machine) method on enemy characters in the game. Game development will use the Unity 3D application, while the programming language will use the C # language. Based on the test results show that the game "The Legend of Sonya" was successfully created and based on the results of the questionnaire from several respondents who have tested this game, it can be concluded that the game "The Legend of Sonya" can provide a more interesting playing experience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Action Adventure, The Legend of Sonya, Unity 3D
Subjects: Bidang Keilmuan > Machine Learning
Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Yudha Formanto
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:43
Last Modified: 15 Sep 2025 06:43
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item
View Item