IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN SEJARAH CANDI BOROBUDUR

ARDIAN, REZA and Asri., Yessy and Dahroni, Andi (2019) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN SEJARAH CANDI BOROBUDUR. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of REZA ARDIAN - 201531008.pdf] Text
REZA ARDIAN - 201531008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada In research study discusses the Borobudur temple which is one of Indonesia's cultural heritage which must be preserved. But until now, some people do not even know the history of the Borobudur temple. Therefore, in introducing the history of Borobudur Temple, a new innovation with modern technology such as Augmented Reality is needed to provide visual information about the history of Borobudur Temple. This research uses the Augmented Reality Marker method. Next for research development using Multimedia Development Life Cycle with Black box testing method. The multimedia stage is used as a research stage to fit the case studies and author's research discussions. From this research, producing an Augmented Reality Borobudur temple to provide information about the history of Borobudur temple visually through an electronic device in the form of Android.

Pada penelitian ini membahas mengenai candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang wajid dilestarikan. Namun hingga saat ini, sebagian masyarakat bahkan tidak mengetahui sejarah dari candi Borobudur. Oleh karena itu, dalam memperkenalkan sejarah Candi Borobudur, dibutuhkan sebuah inovasi baru dengan teknologi masakini seperti Augmented Reality guna memberikan informasi visual mengenai sejarah Candi Borobudur.Penelitian ini menggunakan metode Marker Augmented Reality. Selanjutnya untuk pengembangan penelitian menggunakan Multimedia Development Life Cycle dengan metode pengujian Black box. Tahap multimedia dijadikan sebagai tahapan penelitian agar sesuai dengan studi kasus dan pembahasan penelitian penulis. Dari penelitian ini, menghasilkan sebuah Augmented Reality candi Borobudur guna memberikan informasi tentang sejarah candi Borobudur secara visual melalui perangkat elektronik berupa Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Borobudur, Augmented, Marker, Android, History Borobudur, Augmented, Marker, Android, Sejarah
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 16 Sep 2025 06:31
Last Modified: 16 Sep 2025 06:31
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item
View Item