LUMBANTOBING, NATANAEL and Luqman, Luqman and Susanti, MeiIia Nur Indah (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS DALAM PENGELOMPOKAN SISWA BERDASARKAN NILAI (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Dolok Panribuan). Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731288_NatanaelTobing_Revisi_Skripsi_natanael lumbantobin.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731288_NatanaelTobing_Revisi_Skripsi_natanael lumbantobin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pada awal tahun 2020, pandemi mulai masuk ke Indonesia yang menyebabkan seluruh kegiata belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Daring merupakan singkatan dari dalam jaringan, yang berarti proses belajar mengajar dilakukan dengan memanfaatkan jaringan atau dengan kata lain proses belajar mengajar dilaksanakan secara online menggunakan berbagai aplikasi pendukung. Dimulai dari aplikasi chat seperti line dan whatsapp hingga aplikasi untuk bertemu online dengan memperlihatkan wajah seperti zoom dan google meet. Hal yang sama juga diberlakukan pada SMP Negeri 1 Dolok Panribuan yang melaksanakan proses pembelajran secara daring. Namun dikarenakan berbagai keterbatasan yang ada, sehingga proses pembelajaran secara daring ini tidak dapat dilakukan dengan efektif. Dikarenakan hal tersebut, sehingga diperlukan sistem yang berguna untuk dapat membagi siswa ke dalam setiap golongan/kelompok. Pada proses pengelompokan di dalam sistem berikut, penulis menggunakan algoritma k-means clustering untuk menetukan golongan pada setiap siswa dengan nilai yang digunakan sebagai indikator utamanya. Pada percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan 90 data siswa, maka menghasilkan hasil berikut. Yaitu 30 koordinat pada C1, 26 koordinat pada C2 dan 34 pada koordinat C3.
At the beginning of 2020, the pandemic began to enter Indonesia which caused all teaching and learning activities to be carried out online. Online is an abbreviation of within the network, which means the teaching and learning process is carried out by utilizing the network or in other words the teaching and learning process is carried out online using various supporting applications. Starting from chat applications such as line and whatsapp to applications to meet online by showing faces such as zoom and google meet. The same thing applies to SMP Negeri 1 Dolok Panribuan which carries out the online learning process. However, due to various limitations, this online learning process cannot be carried out effectively. Due to this, a useful system is needed to be able to divide students into each group/group. In the process of grouping in the following system, the author uses the k-means clustering algorithm to determine the group for each student with the value used as the main indicator. In the experiment that has been carried out using 90 student data, it produces the following results. That is 30 coordinates on C1, 26 coordinates on C2 and 34 on coordinates C3.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Mengajar, K-Means Clustering, Siswa Teaching and Learning, K-Means Clustering, Students |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:00 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1178 |