PENERAPAN METODE MOORA (Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis) DALAM MENENTUKAN ACCOUNT MANAGER TERBAIK PT.iLogo Infralogy

Pujiastuti, Rika and Yosrita, Efy and Praptini, Puji Catur Siswi (2019) PENERAPAN METODE MOORA (Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis) DALAM MENENTUKAN ACCOUNT MANAGER TERBAIK PT.iLogo Infralogy. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Skripsi_Rika Pujiastuti_201531164.pdf] Text
Skripsi_Rika Pujiastuti_201531164.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Account Manager adalah profesi yang memiliki tanggung jawab terhadap manajemen penjualan dan hubungan dengan pelanggan. Salah satu tugas dari account manager adalah menghubungkan antara perusahaan penjual dan konsumen, dimana account manager yang bertugas penting dalam perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan konsumen. Pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dari suatu perusahaan sangat mempengaruhi banyak aspek penentuan keberhasilan kerja dari perusahaan tersebut. Salah satu yang terpenting dalam manajemen sumberdaya manusia (SDM) disuatu perusahaan adalah pemilihan karyawan terbaik dalam setiap tahunnya sehingga untuk memacu semangat karyawan dalam meningkatkan kinerjanya. Namun, pada proses penilaian kinerja karyawan masih dirasakan belum optimal dikarenakan proses penilaiannya yang masih bersifat objective. Sehingga membuat sebagian karyawan merasa tidak puas dengan hasil penentuan tersebut. Penelitian ini menerapkan metode MOORA (Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) sebagai metode Sistem Pendukung Keputusan dalam penentuan account manager terbaik dengan beberapa kriteria sebagai berikut yaitu pertemuan dengan konsumen baru, pertemuan dengan konsumen lama, penawaran harga dengan konsumen baru, profit, ketepatan waktu kehadiran, dan jumlah kehadiran.

Account Manager is a profession that has responsibility for sales management and customer relationships. One of the tasks of the account manager is to connect between selling companies and consumers, where the account manager who has an important role in the company is to build closer relationships with consumers. Management of human resources (HR) of a company greatly influences many aspects of determining the success of the work of the company. One of the most important things in the management of human resources (HR) in a company is the selection of the best employees in each year so as to stimulate employee morale in improving performance. However, the employee performance evaluation process is still felt to be not optimal because the assessment process is still objective. So that makes some employees feel dissatisfied with the results of these determinations. This study applies the MOORA (Multi-Objective Optimization On The Base Of Ratio Analysis) method as a Decision Support System method in determining the best account manager with the following criteria: meeting with new customers, meeting with old customers, offering prices with new customers, profit , timeliness of attendance, and attendance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Account Manager terbaik, Metode MOORA Decision Support System, the best account manager, Method MOORA
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 18 Sep 2025 09:07
Last Modified: 18 Sep 2025 09:07
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item
View Item