VIDYASTHANA, I G BAGUS VERDHI and Djamain, Yasni and DAHRONI, ANDI (2021) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TANAMAN HIDROPONIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731215_I G BAGUS VERDHI V_REVISI_SKRIPSI_verdhi Verdhi.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731215_I G BAGUS VERDHI V_REVISI_SKRIPSI_verdhi Verdhi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi interaktif yang menggabungkan benda nyata dan virtual untuk menghasilkan sebuah objek 3D yang ditampilkan pada layar. Augmented Reality (AR) dapat diimplementasikan berdasarkan deteksi citra atau gambar yang biasa disebut dengan metode Marker Based Tracking. Dengan mengarahkan kamera kearah gambar atau Marker yang telah dicetak. Pada bidang Pendidikan teknologi Augmented Reality digunakan untuk menunjang proses pembelajaran agar terciptanya suasana yang interaktif dan menyenangkan. Teknologi Augmented Reality ini dapat diterapkan dalam sistem pembelajaran tanaman hidroponik secara 3D dengan menampilkan objek berupa jenis tanaman, sistem, dan media tanam. Marker yang dideteksi oleh kamera akan menampilkan objek 3D dari tanaman hidroponik, sistem, dan media tanam sehingga aplikasi ini dapat mengamati objek hidroponik secara realtime.Pembangunan aplikasi ini menggunakan software Unity 3D dan Blender.
Augmented Reality (AR) is an interactive technology that combines real and virtual objeks to produce a 3D objek that is displayed on the screen. Augmented Reality (AR) can be implemented based on the detection of images or images commonly referred to as the Marker Based Tracking method. By pointing the camera at the printed image or Marker. In the field of education Augmented Reality technology is used to support the learning process in order to create an interactive and fun atmosphere. Augmented Realitytechnology can be applied in a 3D hydroponic plant learning system by displaying objeks in the form of plant types, systems, and planting media. Markers detected by the camera will display 3D objeks from hydroponic plants, systems, and growing media so that this application can observe hydroponic objeks in real time. This application development uses Unity 3D and Blender software.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Marker Based Tracking, Hydroponics Augmented Reality, Marker Based Tracking, Hidroponik |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:54 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:54 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1361 |