HAFIZH, FARHAN AMMAR and Djunaidi, Karina and Sudirman, M. Yoga Distra (2021) PENERAPAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN JENIS PRODUK KERAI KOPI. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731196_Farhan Ammar Hafizh_Revisi_Skripsi_farhan ammar hafizh.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731196_Farhan Ammar Hafizh_Revisi_Skripsi_farhan ammar hafizh.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menjadikan coffee shop sebagai tempat bekerja ataupun hanya sekedar menikmati minuman ataupun makanan akan mempengaruhi juga banyaknya data transaksi pembelian produk, tetapi pada saat ini masih terdapat beberapa coffee shop yang data pembelian produknya dibiarkan begitu saja atau hanya dianalisa oleh para owner coffee shop untuk melihat keuntungan dari pembelian jenis produk saja dengan tidak menganalisa pola pembelian jenis produknya. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menentukan pola pembelian jenis produk dan kombinasi item jenis produk KERAI KOPI. Metode yang digunakan untuk mendapatkan kombinasi item adalah metode algoritma FP-Growth dengan teknik association rule. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data pembelian jenis produk KERAI KOPI yang didapatkan oleh penulis setelah melakukan wawancara dengan ownerserta studi dokumentasi data yang kemudian data tersebut dianalisa, perhitungan, perancangan tampilan dan pengkodean serta pengujian. Hasil implementasi ini berupa pola pembelian jenis produk dan kombinasi item produk KERAI KOPI dengan nilai support serta nilai confidence.
With the increasing number of people who make coffee shops a place to work or just enjoy drinks or food, it will also affect the amount of product purchase transaction data, but at this time there are still some coffee shops whose product purchase data is left alone or only analyzed by coffee owners. shop to see the advantages of purchasing only the type of product by not analyzing the pattern of purchasing the type of product. Based on these problems, the purpose of this research is to be able to determine the pattern of purchasing the type of product and the combination of item types of the KOPI KOPI product. The method used to obtain a combination of items is the FP-Growth algorithm method with the association rule technique. The data used in this study is the purchase data of the KOPI KOPI product type which was obtained by the author after conducting interviews with the owner and a study of data documentation which was then analyzed, calculated, designed the display and coding and testing. The results of this implementation are in the form of a purchase pattern of product types and a combination of KERAI KOPI product items with support values and confidence values.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Coffee Shop, Association Rule, FP-Growth Coffee Shop, Association Rule, FP-Growth |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 15:43 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 15:43 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1417 |