IMPLEMENTASI ALGORITMA FACE TRACKING KE DALAM APLIKASI BLENDER UNTUK ANIMASI EKSPRESI WAJAH

Nigatama, Pepi and DAHRONI, ANDI and Rusjdi, Darma (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA FACE TRACKING KE DALAM APLIKASI BLENDER UNTUK ANIMASI EKSPRESI WAJAH. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201631269_PepiNigatama_Revisi_Skripsi_PEPI NIGATAMA.pdf] Text
201631269_PepiNigatama_Revisi_Skripsi_PEPI NIGATAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Animasi ekspresi wajah merupakan hal yang kompleks dalam dunia animasi. Dimana dalam membuat animasi ekspresi wajah, animator membutuhkan waktu yang lama dan harus memerlukan ketelitian dalam merubah pose di setiap framenya dengan manual. Menggunakan teknik retargeting merupakan salah satu cara yang cukup efisien dimana animator memerlukan data motion capture dari hasil tracking pada fitur blender untuk membuat animasi ekspresi wajah dengan merekam wajah aktor yang telah di tandai dengan titik fitur kemudian gerakannya ditranformasikan ke sebuah model wajah 3D. Multimedia development life cycle menjadi acuan yang bertujuan untuk menjelaskan prosedur yang di harus di lewati untuk membuat animasi dalam penelitian ini.
Disini animator menggunakan fitur tracking blender pada 47 titik fitur yang di tracking dari awal frame hingga akhir frame. Dari tracking ini didapatlah data motion capture untuk menghasilkan animasi ekspresi wajah yang mampu memvisualisasikan sesuai dengan ekspresi wajah aslinya menggunakan teknik retargeting sehingga dapat mempercepat produksi sebuah animasi 3 dimensi.

Animated facial expressions is a complex thing in the world of animation. Where in making animated facial expressions, the animator takes a long time and must require accuracy in changing the pose in each frame manually. Using the retargeting technique is a fairly efficient way where animators need motion capture data from the tracking results in the blender feature to create animated facial expressions by recording the actor's face which has been marked with feature points and then transformed into a 3D face model. The multimedia development life cycle is a reference that aims to explain the procedures that must be passed to create animation in this study. Here the animator uses the tracking blender feature on the 47 feature points that are tracked from the beginning of the frame to the end of the frame. From this tracking, motion capture data is obtained to produce animated facial expressions that are able to visualize according to the original facial expressions using retargeting techniques so that it can accelerate the production of a 3D Animation

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tracking, MDLC, Blender, 3D Modelling, 3D Animation, Algoritma Face Tracking
Subjects: Bidang Keilmuan > Algoritma
Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Yudha Formanto
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:20
Last Modified: 24 Sep 2025 02:20
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item
View Item