PEMANFAATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG BAHAYA PENYAKIT DIABET PADA ANAK ANAK

Susanto, Dio Kennedy Rama and DAHRONI, ANDI and Luqman, Luqman (2020) PEMANFAATAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PENYAMPAIAN INFORMASI TENTANG BAHAYA PENYAKIT DIABET PADA ANAK ANAK. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201631273_Dio Kennedy_SKRIPSI_DIO KENNEDY RAMA SUS.pdf] Text
201631273_Dio Kennedy_SKRIPSI_DIO KENNEDY RAMA SUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Type-1 diabetes melitus (DM) is one of the chronic diseases that until now has not been cured. Nevertheless, thanks to the advancement of medical technology the quality of life of dm type-1 patients can still be commensurate with other normal children if they get a strong implementation. Educational games are information delivery media ᅠ which can improve the knowledge of school children. This game is a fun game so that children interested in learning while playing, can help aspects of the development of the child's intelligence. One of the efforts made to provide health information is through games, because the change in one's knowledge begins with the provision of information. in his
research, he used the Metodes Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which aims to develop mediasle learning through multimedia such as android, Games DLL. Using 6 stages namely concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. That aims to increase aware errationing to parents and children about the dangers of diabetes in children through android-based games.

Penyakit diabetes melitus (DM) tipe-1 adalah salah satu penyakit kronis yang sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Walaupun demikian berkat kemajuan teknologi kedokteran kualitas hidup penderita DM tipe-1 tetap dapat sepadan dengan anak-anak normal lainnya jika mendapat tatalaksana yang adekuat. Permainan edukatif adalah media penyampaian oinformasi ㅤ yang dapat meningkatkan pengetahuan anak sekolah.⠀Permainan zinio merupakan permainan yang menyenangkan sehingga anak tertarik untukobelajar ㅤ sambil bermain, dapat membantu aspek perkembangan kecerdasan anak. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan informasi kesehatan yaitu melalui game, karena perubahan pengetahuan seseorang dimulai dengan pemberian informasi. dalam penelitian ini menggunakan Metodes Multimedia Development Life Cycle (MDLC) syang bertujuan sebagai pengembangan media pembelajaran melalui multimedia seperti android, GamesDLL. Menggunakan 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dansdistribution. Yang bertujuan untuk peningkatan pengetahaun kepada orang tua dan anak tentang bahaya diabetes pada anak melalui game berbasis android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Multimedia Development Life Cycle, Diabetes pada anak
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Yudha Formanto
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:42
Last Modified: 24 Sep 2025 03:42
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1431

Actions (login required)

View Item
View Item