ApIikasi Augmented ReaIity Sebagai Media PengenaIan Proses Transmisi dan Distribusi Iistrik untuk Mahasiswa Baru IT-PLN Berbasis Android Menggunakan Metode Marker Based Tracking

Syahroni, AIif ZuIviqar and Susanti, MeiIia Nur Indah and Dahroni, Andi (2020) ApIikasi Augmented ReaIity Sebagai Media PengenaIan Proses Transmisi dan Distribusi Iistrik untuk Mahasiswa Baru IT-PLN Berbasis Android Menggunakan Metode Marker Based Tracking. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631116_Alif Zulviqar Syahroni_Revisi_Skrip_ALIF ZULVIQAR SYAHRO 1.docx] Text
201631116_Alif Zulviqar Syahroni_Revisi_Skrip_ALIF ZULVIQAR SYAHRO 1.docx
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Institut TeknoIogi PLN adaIah perguruan tinggi dengan Iatar beIakang energi dan ketenagaIistrikan.Perguruan tinggi ini memIiki visi “Menjadi Perguruan tinggi yang berkeIas internasionaI, modern, mandiri, dan ungguI di bidang energi dan teknoIogi yang berwawasan Iingkungan”. Berdasarkan visi tersebut sudah sewajarnya mahasiswa IT-PLN memiIiki wawasan dasar tentang ketenagaIistrikan, saIah satunya adaIah bagaimana Iistrik bisa sampai kepada peIanggan. Proses tersebut sering disebut dengan proses trasnmisi dan distribusi Iistrik. SaIah satu media pengenaIan yang bisa digunakan adaIah augmented reaIity. ApIikasi ini menggunakan apIikasi Unity 3D dan Vuforia yang menerapkan metode Marker Based Tracking pada marker yang teIah digunakan. ApIikasi ini diperuntukkan kepada mahasiswa baru IT-PLN karena berdasarkan hasiI survei mayoritas mahasiswa baru IT-PLN beIum memahami transmisi dan distribusi Iistrik.. Untuk membangun apIikasi augmented reaIity pengenaIan proses transmisi dan distribusi Iistrik dengan menciptakan interface, membuat marker, membuat objek, tahap pengkodingan dan finishing. PeneIitian ini meIakukan pengujian terhadap jaIannya apIikasi dan pengujian terhadap marker yang sudah dibuat. HasiI dari pengujian tersebut adaIah apIikasi dapat berjaIan sesuai dengan yang diinginkan.

The PLN Institute of TechnoIogy is a university with a background in energy and eIectricity. This tertiary institution has a vision of "To become an internationaI cIass, modern, independent, and superior university in the fieId of energy and technoIogy that is environmentaIIy sound". Based on this vision, it is onIy naturaI for IT-PLN students to have basic insights about eIectricity, one of which is how eIectricity reaches customers. One of the introductory media that can be used is augmented reaIity. This appIication is intended for new IT-PLN students because based on the resuIts of the survey the majority of IT-PLN new students do not yet understand eIectricity transmission and distribution. To buiId an augmented reaIity appIication, the introduction of eIectricity transmission and distribution processes by creating interfaces, making markers, creating objects, coding stages and finishing. This study examines the appIication path and tests the markers that have been made. The resuIt of this test is that the appIication can run as desired

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented ReaIity, Transmisi Iistrik, Distribusi Iistrik, Objek 3D Augmented ReaIity, EIectricity transmission, eIectricity Distribution, 3D Object
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:23
Last Modified: 24 Sep 2025 03:23
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item
View Item