Perancangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Modul Pembelajaran Teknik Digital (Studi Kasus: Laboratorium Teknisi Digital Institut Teknologi- PLN)

Alfaridho, Ilham and Karmila, Sely and Ningrum, Rahma Farah (2020) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Modul Pembelajaran Teknik Digital (Studi Kasus: Laboratorium Teknisi Digital Institut Teknologi- PLN). Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631130_Ilham Alfaridho_Revisi_Skripsi_ILHAM ALFARIDHO 2.pdf] Text
201631130_Ilham Alfaridho_Revisi_Skripsi_ILHAM ALFARIDHO 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Learning media is a media which contains learning materials that is going to be delivered to students in order to achieves the learning’s objectives. Digital Engineering is the one of IT-PLN’s practical subject that is held in Digital Engineering Laboratory by using learning and its tools which are provided there. The tools which usually being used in the laboratory are now being obsolete and hard to be repaired if damaged. Beside of that, during this COVID-19 pandemic, the practical subject is changed into online practices that has been set in a set specific software for online meeting only, where it may cause less understandability of students about the materials. The purpose of this research is to develops Android-based augmented reality application which can be used for interactive learning media that support this online practical subject. Marker Based Tracking method is used to processes the 18 circuits from learning modules as image targets to display and simulate 18 3D objects. The testing result shows 23,17 cm is the best average distance between camera and image target, and minimum light intensity is 20 Lux to reads and displays the object accurately.

Media pembelajaran adalah perangkat yang berisi materi pembelajaran dan disampaikan kepada pelajar demi tercapainya tujuan pembelajaran. Teknik digital adalah salah satu mata kuliah di IT-PLN yang melaksanakan kegiatan praktikum di Laboratorium Teknisi Digital. Praktikum diselenggarakan menggunakan modul praktikum dan peralatan yang tersedia di laboratorium. Peralatan yang digunakan di laboratorium saat ini sudah mulai usang dan sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan. Selain itu kondisi pandemi COVID-19 tidak memungkinkan bagi laboratorium untuk menyelenggarakan kegiatan praktikum secara tatap muka dan menggantinya dengan praktikum daring menggunakan software khusus, hal ini dapat menyebabkan praktikan kurang memahami materi praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi augmented reality berbasis Android yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pendukung praktikum daring. Metode yang digunakan adalah Marker Based Tracking dengan memanfaatkan 18 gambar rangkaian yang tersedia dalam modul praktikum sebagai gambar target untuk menampilkan dan menyimulasikan objek tiga dimensi. Aplikasi yang telah dibuat berhasil menampilkan dan menyimulasikan 18 objek tiga diimensi. Hasil pengujian menunjukkan rata-rata jarak kamera dengan gambar target adalah 23,17 cm dan intensitas cahaya minimal 20 Lux agar aplikasi dapat menampilkan objek secara akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marker Based Tracking, Augmented Reality, Teknik Digital, Media Pembelajaran Marker Based Tracking, Augmented Reality, Digital Engineering, Learning Media.
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 26 Sep 2025 01:49
Last Modified: 26 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item
View Item