Ramdan, Dandi Moh and Djamain, Yasni and Affandi S, Riki Ruli (2024) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PENGAJARAN GURU SD KELAS 4 MATA PELAJARAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 20193114_Dandi Moh Ramdan_ Revisi_skripsi_DANDI MOH RAMDAN.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20193114_Dandi Moh Ramdan_ Revisi_skripsi_DANDI MOH RAMDAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Pendidikan karakter telah menjadi isu utama dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk akhlak generasi muda dan sebagai fondasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2025.. Salah satu mata pelajaran yang berperan dalam perkembangan siswa adalah seni musik, yang meskipun sering dianggap sulit, memiliki dampak besar pada perkembangan emosional dan intelektual siswa. Namun, kurangnya prasarana musik di SDN 116 Cicaheum Bandung menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi seni musik menjadi terbatas. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengeksplorasi penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dengan metode Marker Based Tracking dalam pengajaran seni musik di kelas 4 SD. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dengan tujuan memanfaatkan teknologi AR sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni musik. Pada penelitian ini terdapat 10 gambar marker yang dapat di konversi menjadi 3D yaitu ada gambar drum, gendang, sambal tangan, tuba, piano, marakas, gitar, triangle, biola, dan tamborin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi AR tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membantu siswa dalam mengingat dan memahami materi. Dengan nilai kuesioner rata rata 89,07%, penelitian ini membuktikan bahwa AR memiliki potensi besar untuk diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, khususnya dalam memperkenalkan alat musik kepada siswa.
Character education has become a major issue in education, especially in shaping the morals of the younger generation and as a foundation for realizing the Golden Indonesia of 2025. One of the subjects that play a role in student development is music, which although often considered difficult, has a huge impact on students' emotional and intellectual development. However, the lack of music infrastructure at SDN 116 Cicaheum Bandung causes students' understanding of music materials to be limited. To overcome this problem, this research explores the use of Augmented Reality (AR) technology with the Marker Based Tracking method in teaching music in grade 4. The application development method used is Multimedia Development Life Cycle (MDLC), with the aim of utilizing AR technology as one of the learning media that can be used in learning music. In this study there are 10 marker images that can be converted into 3D, namely there are images of drums, drums, hand chili, tuba, piano, maracas, guitar, triangle, violin, and tambourine. The results show that the application of AR technology not only improves the quality of learning, but also helps students remember and understand the material. With an average questionnaire score of 89.07%, this study proves that AR has great potential to be integrated into the learning process, especially in introducing musical instruments to students.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Seni Musik Sekolah Dasar, Marker Based Tracking, MDLC, Pembelajaran Interaktif. Augmented Reality, Elementary School Music Education, Marker Based Tracking, MDLC, Interactive Learning. |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:18 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1599 |