Sinaga, Brian Rizki Fernando and Wulandari, Dewi Arianti and Indrianto, Indrianto (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI MANAJEMEN DATA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRM (Studi Kasus Toko By Shelen). Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 202031125_Brian Sinaga_Revisi_Skripsi_BRIAN.RIZKI.FERNANDO.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
202031125_Brian Sinaga_Revisi_Skripsi_BRIAN.RIZKI.FERNANDO.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Dalam era digital yang semakin berkembang, kebutuhan akan aplikasi berbasis web yang efisien dan responsif menjadi semakin penting, terutama dalam konteks pengelolaan hubungan pelanggan (Customer Relationship Management atau CRM). Begitu juga dengan Toko Byshelen yang berada di Provinsi Sumatera Utara Kota Medan yang ingin meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis web yang menggunakan pendekatan CRM (Customer Relationship Management), dengan fokus pada peningkatan interaksi dan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai tujuan ini, metode RAD (Rapid Application Development) digunakan sebagai pendekatan pengembangan, yang memungkinkan proses pembangunan aplikasi dilakukan dengan cepat dan juga menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, JavaScript, CSS dan framework laravel. Selain itu, dalam upaya untuk menganalisis dan mengklasifikasikan data pelanggan menggunakan algoritma Naive Bayes. Dan yang terakhir untuk pengujian menggunakan blackbox dan UAT (User Acceptence Testing). Dengan pengujian tersebut mendapatkan presentase penerimaan pengguna terhadap aplikasi 82,13%, ini menunjukkan bahwwa sistem berjalan dengan baik dan respon pengguna merasa puas dengan aplikasi berbasis web ini.
In the increasingly developing digital era, the need for efficient and responsive web based applications is becoming increasingly important, especially in the context of customer relationship management (CRM). Likewise with the Byshelen Shop in North Sumatra Province, Medan City, which wants to improve the quality of its service. This research aims to design and build a web-based application that uses a CRM approach, with a focus on increasing customer interaction and satisfaction. To achieve this goal, the Rapid Application Development (RAD) method is used as a development approach, which allows the application development process to be carried out quickly and also uses the programming languages PHP, HTML, JavaScript, CSS and the Laravel framework. Additionally, in an effort to analyze and classify customer data using the Naive Bayes algorithm. And finally, for testing using black box and UAT (User Acceptance Testing). With this test, the percentage of user acceptance of the application was 82.13%, this shows that the system is running well and the user response is satisfied with this web based application.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website, E-Commerce, CRM, RAD, Laravel Website, E-Commerce, CRM, RAD, Laravel |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 09:47 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 09:47 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1612 |