Khatami, Muhammad and Dahroni, Andi and Pratama, Muhammad Fadli (2024) APLIKASI DETEKSI MINAT DAN BAKAT SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS WEB. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731277_Muhammad khatami_Revisi_Skripsi_khatami muhammad.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731277_Muhammad khatami_Revisi_Skripsi_khatami muhammad.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi minat dan bakat siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengambil sampel dari siswa kelas 4 di sebuah sekolah dasar. dengan jumlah responden sebanyak 53 siswa. Dalam konteks penelitian ini, aplikasi dapat mendeteksi delapan jenis kecerdasan, yaitu kecerdasan linguistik, logika-matematis, visual-spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik jasmani, naturalis, dan musikal. Dari hasil klasifikasi kecerdasan, aplikasi kemudian digunakan untuk menentukan 13 jenis ekstrakurikuler atau Co-Curricular Activities (CCA) yang paling sesuai dengan minat dan bakat siswa. CCA yang diidentifikasi mencakup berbagai kegiatan seperti olahraga, seni, dan bahasa, serta keterampilan lainnya. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa jenis CCA yang paling diminati adalah Design Graphics, dengan presentase sebesar 20.75%, yang melibatkan 11 dari 53 siswa. Sebaliknya, CCA yang paling sedikit atau tidak diminati adalah Mandarin, dengan presentase 0%, atau tidak ada siswa yang tertarik. Hasil ini menunjukkan variasi minat dan bakat siswa dalam berbagai bidang, serta memberikan panduan yang berguna bagi sekolah dalam mengembangkan program ekstrakurikuler yang lebih sesuai dengan profil minat siswa. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui penyesuaian program berdasarkan potensi individu siswa.
This research aims to design and build applications for the interests and talents of elementary school students. This study took samples from 4th grade students in an elementary school. with a total of 53 students as respondents. In the context of this research, the application can detect eight types of intelligence, namely linguistic, logical-mathematical, visual-spatial, interpersonal, intrapersonal, physical kinesthetic, naturalist and musical intelligence. From the results of the intelligence classification, the application is then used to determine 13 types of extracurricular activities or Co-Curricular Activities (CCA) that best suit the student's interests and talents. The identified CCAs cover a wide range of activities such as sports, arts, and languages, as well as other skills. Based on the results of data analysis, it is known that the most popular type of CCA is Graphic Design, with a percentage of 20.75%, involving 11 out of 53 students. On the other hand, the CCA that is least or not interested is Mandarin, with a percentage of 0%, or no students are interested. These results show variations in students' interests and talents in various fields, and provide useful guidance for schools in developing extracurricular programs that better suit students' interest profiles. It is also hoped that this research can contribute to efforts to improve the quality of education through program adjustments based on individual student potential.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat dan bakat ,ekstrakurikuler, sekolah dasar, aplikasi klasifikasi interests and talents, extracurricular, elementary school, classification applic |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:38 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:38 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1675 |