RAHMADANI, SUCI and Asri, Yessy and Kusuma, Dine Tiara (2021) INFORMATION SYSTEM MONITORING PROJECT PROCUREMENT OF GOODS / SERVICES AT PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PEMBANGKITAN BUKITTINGGI. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731155I_SUCI RAHMADANI_REVISI_SKRIPSI_suci rahmadani.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731155I_SUCI RAHMADANI_REVISI_SKRIPSI_suci rahmadani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Bukittinggi memiliki berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam menunjang proses bisnis di perusahaan, salah satunya kegiatan pengadaaan barang/jasa. Proses pengadaan barang/jasa mencakup tahapan pengumpulan data, MRO, Perencanaan Pengadaan, Pelaksanaan Pengadaan, Pelaksanaan Pekerjaan, dan Pelaksanaan Pembayaran. Dalam melakukan pemantauan proses pengadaan barang/jasa saat ini masih menggunakan Spreadsheet yang mana tampilan dari proyek masih belum terstruktur dengan rapi. Data dokumen disimpan dalam berkas arsip yang menyulitkan pegawai dalam pencarian dan pengumpulan data dokumen karena membutuhkan waktu yang lama untuk mencari satu persatu dokumen yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian menghasilkan aplikasi monitoring proyek pengadaan yang dapat membantu Direksi Pekerjaan untuk memonitoring pekerjaan dimana dan kapan saja karena aplikasi sudah bersifat online dan dapat diakses dimana saja. Pengujian yang dilakukan dengan ISO 9126 mendapatkan hasil functionality dengan kriteria baik sebesar 81%, reability dengan kriteria sangat baik sebesar 86%, usability dengan kriteria baik sebesar 84%, dan efficiency dengan kriteria baik sebesar 84%. Dari keempat karakteristik tersebut didapatkan hasil analisis reabilitas sebesar 83,3% dimana sistem tergolong kedalam kategori baik. Untuk pengujian karakteristik maintainability menunjukkan hasil baik dan karakteristik portability menunjukkan hasil sangat baik.
PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Bukittinggi has a variety of activities carried out in supporting business processes in the company, one of which is the implementation of goods / services. The procurement process of goods/services includes the stages of data collection, MRO, Procurement Planning, Procurement Implementation, Implementation of Work, and Implementation of Payments. In monitoring the procurement process of goods / services is still using Spreadsheet which the view of the project is still not neatly structured. Document data is stored in archive files that make it difficult for employees in the search and collection of document data because it takes a long time to search one by one the required documents. The results of the research resulted in a procurement project monitoring application that can help the Board of Directors to monitor the work anywhere and anytime because the application is online and can be accessed anywhere. Tests conducted with ISO 9126 obtained functionality results with good criteria of 81%, reability with excellent criteria of 86%, usability with good criteria of 84%, and efficiency with good criteria of 84%. Of the four characteristics obtained the results of rehabilitation analysis of 83.3% where the system belongs to the good category. For testing maintainability characteristics show good results and portability characteristics show excellent results.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengadaan barang/jasa, monitoring, prototyping. procurement of goods / services, monitoring, prototyping. |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 03:09 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 03:09 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1699 |