SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA, PENGINAPAN, DAN KULINER Dl KOTA JAYAPURA BERBASIS ANDROID

Semunya, Aplena Lidia and Rusjdi, Darma and Aziza, Rosida Nur (2024) SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA, PENGINAPAN, DAN KULINER Dl KOTA JAYAPURA BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201731012_Aplena Lidia Semunya_Skripsi_Aplena Lidia Semunya.pdf] Text
201731012_Aplena Lidia Semunya_Skripsi_Aplena Lidia Semunya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya tempat-tempat wisata, penginapan, dan kuliner yang berada di Kota Jayapura, memungkinkan wisatawan dapat memilih tempat wisata tertentu yang ingin dikunjunginya. Sistem Rekomendasi dapat mencari serta memilih suatu tempat wisata, penginapan, dan kuliner yang diinginkan sesuai prefrensi pengunjung. Beberapa penelitian sebelumnya kebanyakan hanya membahas 2 variabel, yaitu wisata dan kuliner serta menggunakan metode haversine sebagai pendekatannya dalam mencari jarak terdekat yang masih kurang dalam penentuan jarak sebenarnya. Mengkaji hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan menambah variable penginapan agar wisatawan dapat menikmati liburannya lebih lama dan penulis juga mengambil Travelling Salesman Problem (TSP) agar pendekatan dalam mencari jaraknya lebih efektif serta menbahkan Algoritma Best-First Search (BEFS) dalam menentukan jarak tercepat atau terpendek antar titik. Dalam metode mencari persoalan jarak dan menentukan jarak tercepat atau terdekat berdasarkan biaya perjalanan yang minim, penulis menggunakan prototype sebagai metodologi desain penelitian yang terdiri dari yang dilakukan dalam metodologi penelitian menggunakan metode prototype dimulai dari pengumpulan data, analisis awal, identifikasi kebutuhan, perancangan, pengembangan prototype, dan evaluasi.

With the development of tourist attractions, inns, and culinary in Jayapura City, it allows tourists to choose certain tourist attractions they want to visit. The Recommendation System can search and select a desired tourist spot, lodging, and culinary according to visitor preferences. Some previous studies mostly only discuss 2 variables, namely tourism and culinary and use the haversine method as an approach in finding the closest distance which is still lacking in determining the actual distance. Reviewing this, the author conducted research by adding lodging variables so that tourists can enjoy their vacation longer and the author also took the Traveling Salesman Problem (TSP) so that the approach in finding the distance is more effective and added the Best First Search Algorithm (BEFS) in determining the fastest or shortest distance between points. In the method offinding distance problems and determining the fastest or closest distance based on minimal travel costs, the author uses prototype as a research design methodology consisting of those carried out in research methodology using the prototype method starting from data collection, initial analysis, identification of needs, design, prototype development, and evaluation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Graf BFS, TSP, Android Graf, BFS, TSP, Android
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:38
Last Modified: 06 Oct 2025 02:38
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item
View Item