RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DAN KERUSAKAN PADA SEL SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGUNAKAN METODE MULTIMEDIA LIFE CYCLE (MDLC)

Zuhdi, Yafi Irfan and Cahyaningtyas, Rizqia and Djamain, Yasni (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DAN KERUSAKAN PADA SEL SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGUNAKAN METODE MULTIMEDIA LIFE CYCLE (MDLC). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201831094_YAFI IRFAN ZUHDI_REVISI_SKRIPSI_YAFI IRFAN ZUHDI.pdf] Text
201831094_YAFI IRFAN ZUHDI_REVISI_SKRIPSI_YAFI IRFAN ZUHDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu solusi terdepan dalam menjawab tantangan terkait krisis energi global dan perlunya transisi ke energi bersih. Di sisi lain, sebagai mahasiswa dan praktisi di bidang teknologi, pemahaman yang mendalam tentang PLTS dan teknologi terkait menjadi krusial untuk menciptakan generasi yang terampil dan peduli terhadap lingkungan. Untuk memperdalam pemahaman tentang PLTS, penting untuk memahami komponen utamanya, termasuk sel surya. Kerusakan pada sel surya dapat menjadi hambatan dalam efisiensi PLTS dan memerlukan pemahaman mendalam serta pengalaman langsung dalam mengidentifikasi dan memperbaikinya. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan objek tiga dimensi dalam lingkungan nyata, pengajaran tentang prinsip kerja PLTS dan kerusakan pada sel surya dapat menjadi lebih menarik dan inovatif. Melalui pengembangan media pembelajaran yang inovatif ini, diharapkan dapat membantu Laboratorium Renewable Energy dalam proses pembelajaran sehingga mahasiswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang PLTS dan berkontribusi pada pengembangan energi terbarukan di masa depan.

Solar Power Plants (PLTS) are one of the leading solutions in responding to challenges related to the global energy crisis and the need to transition to clean energy. On the other hand, as students and practitioners in the technology field, a deep understanding of PLTS and related technologies is crucial for creating a generation that is skilled and cares about the environment. To deepen your understanding of PLTS, it is important to understand its main components, including solar cells. Damage to solar cells can be an obstacle to PLTS efficiency and requires in-depth understanding and direct experience in identifying and repairing it. By utilizing Augmented Reality (AR) technology which allows users to visualize three-dimensional objects in a real environment, teaching about the working principles of PLTS and damage to solar cells can become more interesting and innovative. Through the development of this innovative learning media, it is hoped that it can help the Renewable Energy Laboratory in the learning process so that students can gain a better understanding of PLTS and contribute to the development of renewable energy in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laboratorium, Augmented Reality, PLTS, MDLC Laboratory, Augmented Reality, PLTS, MDLC
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:50
Last Modified: 06 Oct 2025 02:50
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item
View Item