ATTHARIQ, MUHAMMAD RIDWAN and Putra, Rakhmadi Irfansyah and Asri, Yessy (2021) PENERAPAN METODE DECISION TREE MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PREDIKSI CUSTOMERS LOYALTY. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of 201731107_Muhammad Ridwan Atthariq_Revisi_Skr_muhammad ridwan atth.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201731107_Muhammad Ridwan Atthariq_Revisi_Skr_muhammad ridwan atth.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Jasa expedisi adalah salah satu bisnis usaha yang sangat digandrungi oleh masyarakat saat ini, karena memudahkan mereka dalam melakukan transaksi secara online, customers merupakan salah satu sumber penghasilan terbesar bagi mereka yang bekerja di bidang ekspedisi. oleh karena itu perusahaan lain pun ikut membuka jasa layanan ekspedisi. contohnya adalah JNT Express CP Muchtar Raya merupakan cabang usaha di bidang ekspedisi yang telah beroperasi dari tahun 2017 hingga kini , dan memiliki banyak pelanggan tiap harinya sehingga memiliki data yang sangat banyak untuk diolah, oleh sebab itu penulis membuatkan sistem untuk memprediksi customers loyalty pada saat ini untuk mengetahui loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa expedisi tersebut, setelah mencari tahu mengenai customers loyalty penulis menemukan fakta bahwa algoritma C4.5 merupakan metode terbaik untuk melakukan prediksi loyalitas pelanggan dikarenakan tingkat akurasinya berada di atas metode data mining lainnya.
Expedition service is one of the most loved business by the citizen at this moment. Because it help them with they online transaction, customers is the biggest asset for them who work in expedition industry.JNT Express CP Muchtar Raya one of business branch in expedition industry that already operate from 2017 until now, and has many customers every day so it has a lot of data to precess therefore the author developed a system to predict customers loyalty. at this moment to find out customers loyalty in using the expedition service, after finding out about customers loyalty the author found the fact that the C4.5 algorithm is the best method for predicting customer loyalty because the accuraty percentage level is above the other data mining methods.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | data mining, decision tree, C4.5, loyalitas pelanggan, pengujian blackbox, jasa ekspedisi data mining, decision tree, C4.5, customers loyalty, blackbox testing, expedition service |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Nurul Hidayati |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:18 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1798 |