PENGEMBANGAN GAME BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN BERLALU LINTAS PESERTA UJI TULIS SIM C DI SATLANTAS POLRES MADIUN BERBASIS ANDROID

Vajarro, Dissiedhewa and Dahroni, Andi and Prathama., Muhammad Fadli (2020) PENGEMBANGAN GAME BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN BERLALU LINTAS PESERTA UJI TULIS SIM C DI SATLANTAS POLRES MADIUN BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631274_DissiedhewaVajarro_Revisi_Skripsi_DISSIEDHEWA VAJARRO 1.pdf] Text
201631274_DissiedhewaVajarro_Revisi_Skripsi_DISSIEDHEWA VAJARRO 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Untuk mengukur tingkat kelulusan pada uji tulis SIM C di POLRES Madiun, perlu media alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman calon peserta ujian tertulis untuk memperoleh SIM C dengan menyediakan suatu game edukasi atau
pengetahuan melalui sebuah aplikasi game yang mudah diakses oleh masyarakat umum remaja maupun dewasa yang akan melakukan pembuatan SIM C Baru. Pada penelitian ini menggunakan metode yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan 6 tahapan yaitu concept, design,
material collecting, assembly, testing dan distribution. Hasil penelitian dengan kuisioner membuktikan bahwa 59% angka ketidak lulusan pada tes sim c, 80,8% kesulitan pada teori, hasil pretest dari 57 orang yaitu menyatakan rata rata nilai 4,39 dari 10, kemudian tahap post test yaitu tahap setelah menggunakan game tersebut dengan 52 responden dengan rata-rata nilai 9,04 dari 15. Maka kesimpulan dari penelitan ini adalah aplikasi atau game yang dibuat dapat
menambah ilmu pengetahuan tentang soal dari tes teori SIM C, dan diharapkan meningkatnya tingkat kelulusan dari peserta uji tulis SIM C.

To increase the passing rate on the SIM C written test at Madiun Police, alternative media are needed that can increase the understanding of prospective written exam participants to obtain SIM C by providing an educational game or knowledge through a game application that is easily accessible to the general public, adolescents and adults who will make a new SIM C. This study uses a method, namely the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) with 6 stages,
namely concept, design, material collecting, assembly, testing and distribution. The results of the research with the questionnaire proved that 59% of the number of non-graduates on the sim c test, 80.8% of difficulties in theory, the pretest results of 57 people stated that the average value was 4.39 out of 10, then the post test stage was the stage after using the game with 52 respondents with an average value of 9.04 out of 15. So the conclusion of this research is that applications or games that are made can add knowledge about the questions from the SIM C theory test, and it is expected that the passing rate of the SIM C
written test participants will increase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Education game, C Driving license test, Multimedia Game edukasi, Uji Tulis SIM C, Multimedia Development Life Cycle
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 06 Oct 2025 06:59
Last Modified: 06 Oct 2025 06:59
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item
View Item