Perancangan Aplikasi Pemetaan Golongan Dan Daya Pelanggan Berbasis Sistem Informasi Geografis Pada Pt.Pln (Persero) Up3 Cengkareng Berbasis Android

KARIM, ABDUL MALIK and Asri, Yessy and Kuswardani, Dwina (2020) Perancangan Aplikasi Pemetaan Golongan Dan Daya Pelanggan Berbasis Sistem Informasi Geografis Pada Pt.Pln (Persero) Up3 Cengkareng Berbasis Android. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201631286_Abdul Malik Karim_ Revisi_Skripsi_ABDUL MALIK KARIM 2.pdf] Text
201631286_Abdul Malik Karim_ Revisi_Skripsi_ABDUL MALIK KARIM 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemetaan di tiap – tiap titik lokasi pelanggan pada PLN belum sepenuhnya di atur dengan baik dan benar sesuai dengan Golongan dan Daya, menyebabkan pengambilan keputusan dalam melakukan sisir tarif pendataan pelanggan mulai dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi pemetaan Golongan dan daya serta jarak titik pelanggan berbasis sistem informasi geografis dan haversine agar memudah kan petugas lapangan dalam melakukan sisir tarif pendataan yang diolah dan diproses dengan basis data yang dapat ditampilkan pada peta dengan bantuan Google map api melalui Smartphone Android. Hasil dari pengujian aplikasi tersebut dapat menampilkan jarak lokasi pelanggan dengan metode haversine dan Golongan pelanggan Bisnis, Golongan Pelayanan Sosial dan Golongan Pemerintahan serta menampilkan grafik persebaran daya yang sudah terkategori dengan daya 450, 900, 1300, 2200, 3500, 4400, 5500, 6600, 7700, diatas 7700. untuk memberikan Informasi kepada Petugas lapangan PT.PLN (Persero) UP3 Cengkareng melalu smartphone Android.

The mapping at each customer locator point in PLN was not properly and properly managed according to Group and Power, resulting in the start of decision making regarding combing data customer collection rates. The goal of this research is to design a mapping application for the Group and the power and distance of customer points based on geographic and cross-functional information systems in order to allow field agents to more easily combine data collection rates. data which is processed and processed with a database that can be displayed on a map using Google map api via smartphone. Android. Application test results can display distance to customer location with Haversine method and business customer groups, social service groups and government groups and display power distribution graphs classified as 450, 900, 1300, 2200, 3500, 4400, 5500, 6600. 7700, above 7700. to provide information to PT PLN (Persero) UP3 Cengkareng field agents via Android smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: GIS, Haversine, Customer mapping, Google Map Api. SIG, Haversine, Pemetaan pelanggan, Google Map Api.
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:15
Last Modified: 07 Oct 2025 01:15
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item