IMPLEMENTASI TEKNOLOGI 3D VIRTUAL REALITY DENGAN METODE GAME BASED LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH TINGKAT SMA

WACHID, FIRDA MISBAHUDDIN and Dahroni, Andi and Prathama., Muhammad Fadli (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI 3D VIRTUAL REALITY DENGAN METODE GAME BASED LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH TINGKAT SMA. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 210631292_Firda Misbahuddin Wachid_REVISI_SKR_FIRDA MISBAHUDDIN WA 1.pdf] Text
210631292_Firda Misbahuddin Wachid_REVISI_SKR_FIRDA MISBAHUDDIN WA 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

History subjects are one of the subjects that students are less interested in because they are considered difficult and boring. To attract students learning history, a game based learning method is used, which is a game in which there is
learning. To create a different learning process, educational games are created by utilizing Virtual Reality technology. Virtual Reality technology is a highly developed
technology today, which brings up three-dimensional images created by computers so that they look real with the help of certain components. Galaxy CLASSROOM 3D Virtual Reality Game application is created using Unity 3D and Blender
application using Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method on the design of the application used. This app will become a learning medium by using game media that displays historical subject matter while displaying animations like
in the game. The purpose of this app is that it can help students learn history. This research tests the course of the application and the User Acceptance Test to get results from the user responses of the GALAXY CLASSROOM app

Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati para siswa karena dianggap susah dan membosankan. Untuk menarik para siswa belajar sejarah digunakanlah metode game based learning, yaitu sebuah game yang di dalamnya terdapat pembelajaran. Untuk membuat proses
belajar yang berbeda maka dibuat game edukasi dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality. Teknologi Virtual Reality adalah suatu teknologi yang sangat berkembang saat ini, yang memunculkan gambar-gambar tiga dimensi yang dibuat
oleh komputer sehingga terlihat seperti nyata dengan bantuan sejumlah komponen tertentu. Aplikasi Game Virtual Reality 3D GALAXY CLASSROOM dibuat dengan menggunakan aplikasi Unity 3D dan Blender yang menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) pada perancangan aplikasi yang digunakan. Aplikasi ini akan menjadi media pembelajaran dengan menggunakan media game yang menampilkan materi pelajaran sejarah sekaligus menampilkan animasi seperti pada game. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat
membantu siswa dalam belajar sejarah. Penelitian ini melakukan pengujian terhadap jalannya aplikasi dan pengujian User Acceptance Test untuk mendapatkan hasil dari tanggapan pengguna aplikasi GALAXY CLASSROOM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Vrtual Reality, Educational Games, MDLC Virtual Reality, Game Edukasi, MDLC
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 07 Oct 2025 02:48
Last Modified: 07 Oct 2025 02:48
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/1862

Actions (login required)

View Item
View Item