Analisis Dampak Aturan Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Terhadap Perhitungan Biaya Layanan Fast dan Ultrafast Charging Pada SPKLU dengan Time Base dan Energy Base

Haekal Azizi, Yundi and Batih, Hakimul and Garniwa Mulyana, Iwa (2023) Analisis Dampak Aturan Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Terhadap Perhitungan Biaya Layanan Fast dan Ultrafast Charging Pada SPKLU dengan Time Base dan Energy Base. Masters thesis, IT PLN.

[thumbnail of 230829 [TESIS] Analisis Dampak Infrastruktur Terhadap Biaya Layanan_CETAK HARDCOVER -share.pdf] Text
230829 [TESIS] Analisis Dampak Infrastruktur Terhadap Biaya Layanan_CETAK HARDCOVER -share.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari terbitnya Peraturan Menteri ESDM Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik Untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) terutama fokus pada ketentuan terkait tarif tenaga listrik terhadap biaya layanan bagi konsumen KBLBB pengisian fast dan ultrafast charging. Perhitungan biaya layanan secara keekonomian dapat terpengaruhi oleh biaya investasi, biaya operasional, volume kendaraan listrik (electric vehicle), dan energi charging per electric vehicle (EV). Biaya layanan dihitung dengan skenario biaya investasi dan biaya operasional high cost dan low cost, dan simulasi volume energi (kWh/unit/hari)dan kendaraan listrik (unit/hari) selama 15 tahun mendatang dengan simulasi pesimis, moderat dan optimis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan hasil perhitungan dari skenario dan simulasi yang telah dilakukan bahwa hitungan yang mendekati keekonomian dan berdasarkan kondisi saat ini skenario low cost dengan simulasi moderat merupakan rekomendasi yang tepat untuk diterapkan saat ini dengan biaya layanan SPKLU sekali pengisian teknologi fast charging Rp14.937 dan ultrafast charging sebesar Rp36.876, dengan komponen perhitungan tersebut menggunakan IRR 15%, Payback Periode 7 tahun, dan terdapat potensi penghematan biaya listrik terhadap BBM 53%-66%. Selain itu mekanisme pengisian dengan time base paling mudah diterapkan dengan pembagi satuan waktu dengan biaya layanan sebagai celling base surcharge fee. Sepengetahuan peneliti, saat ini perhitungan biaya layanan SPKLU teknologi fast dan ultrafast charging dengan time base dan energy base merupakan hal baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Biaya layanan, SPKLU, Fast Charging, Ultrafast Charging, Time Base, Energy Base
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Thesis
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Sigit Firmanysah
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:02
Last Modified: 13 Oct 2025 08:02
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item
View Item