Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Rekomendasi Produk Umkm Berdasarkan Frekuensi Pembelian

Akbar, Rd. M. Dimas Burhanudin and Palupiningsih, Pritasari and Prayitno, Budi (2022) Implementasi Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Rekomendasi Produk Umkm Berdasarkan Frekuensi Pembelian. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of Skripsi_RadenDimas_201831084_Final.pdf] Text
Skripsi_RadenDimas_201831084_Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

The rapid growth of the MSMEs business is caused by the development of digital technology that makes it easy to open a business. Business competition is a challenge for
MSMEs, to be able to survive in business competition, it is necessary to make the right business decisions in order to maximize the business potential of MSME. One way that
MSMEs can do in order to maximize business potential is by providing the right product recommendations to consumers. The right product is obtained by analyzing consumer
purchasing patterns. This research uses the association rule technique and the FPGrowth algorithm to get the right rule as a product recommendation for MSME. The analysis uses transaction data on MSME from January 1, 2021 to April 30, 2021, obtained 1483 transactions with 3 trials at a minimum support of 1%, 2%, and 3% and a minimum confidence of 30%. To determine the correlation found in the rules formed, a
lift ratio was used. In the first experiment, 13 rules were found that had a lift ratio value > 1 of the 24 rules formed. The rule that has the highest lift ratio value is if you buy Strawberry Tea, you buy Kopi Susu Pagi, and Mineral Water of 6.9. In the second experiment, there were 3 rules that had a lift ratio value > 1 of the 6 rules formed, the
rule that had the highest lift ratio value, namely, if you buy strawberry tea, you buy mineral water of 3.69. In the third experiment, there was no rule that had a lift ratio value > 1. The established rules could be the basis for MSME in providing the right product recommendations to consumers.

Pertumbuhan bisnis UMKM yang begitu pesat yang diakibatkan perkembangan teknologi digital yang memudahkan untuk membuka bisnis. Persaingan bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM, untuk bisa bertahan dalam persaingan bisnis dibutuhkan sebuah keputusan bisnis yang tepat agar bisa memaksimalkan potensi bisnis UMKM. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam rangka memaksimalkan potensi bisnis dengan memberikan rekomendasi produk yang tepat kepada konsumen. Produk yang tepat didapatkan dengan menganalisis pola pembelian konsumen. Penilitian ini menggunakan teknik association rule dan algoritma FP-Growth untuk mendapatkan rule yang tepat sebagai penetuan rekomendasi produk pada UMKM. Analisis dilakukan menggunakan data transaksi pada UMKM dari 1 Januari 2021 sampai 30 April 2021 yaitu sejumlah 1483 transaksi dengan 3 kali percobaaan pada minimum support sebesar 1%, 2%, dan 3% serta minimum confidence sebesar 30%. Untuk melihat korelasi yang tedapat pada rules yang terbentuk digunakan lift ratio.Pada percobaan pertama didapatkan 13 rules yang memiliki nilai lift ratio > 1 dari 24 rules yang terbentuk, rule yang memiliki nilai lift ratio tertinggi yaitu jika membeli Strawberry Tea maka membeli Kopi Susu Pagi, dan Air Mineral sebesar 6,9. Pada percobaan kedua didapatkan 3 rules yang memiliki nilai lift ratio > 1 dari 6 rules yang terbentuk, rule yang memiliki nilai lift ratio tertinggi yaitu Jika membeli strawberry tea maka membeli air mineral sebesar 3,69. Pada percobaan ketuga tidak didapatkan rule yang memiliki nilai lift ratio > 1. Dengan rules yang telah terbentuk dapat menjadi dasar bagi UMKM dalam memberikan rekomendasi produk yang tepat kepada konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MSME,Purcashing Patterns,Association rule, FP-Growth,Lift Ratio UMKM, Pola Pembelian Produk,Analisis Asosiasi,FP-Growth,Lift Ratio
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 14 Oct 2025 01:33
Last Modified: 14 Oct 2025 01:33
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item
View Item