PEMBANGUNAN CHATBOT MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN PERFORMANCE PT JASA KELISTRIKAN INDONESIA

Setyadin, Rahmat Dipo and Asri, Yessy and Aziza, Rosida Nur (2022) PEMBANGUNAN CHATBOT MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN PERFORMANCE PT JASA KELISTRIKAN INDONESIA. Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201831120_Rahmat Dipo Setyadin_Skripsi.pdf] Text
201831120_Rahmat Dipo Setyadin_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Today's technological developments are growing very rapidly, especially technology such as Artificial Intelligent (AI) which produces products in the form of chatbots as virtual assistants whose job is to manage a human activity, for example, activities for purchasing tokens. This study applies the Natural Language Processing method to interact between computers and humans with natural language. The purpose of this study is to obtain information related to ordering tokens at PT Jasa Kelistrikan Indonesia. The results obtained from this study are that the chatbot is able to respond to questions given related to token purchases. The accuracy obtained in this study is 90%, with these results providing an answer that the chatbot has good performance and is feasible to use.

Perkembangan teknologi dewasa ini berkembang sangat pesat, terutama teknologi seperti Artificial Intelligent (AI) yang menghasilkan produk berupa chatbot sebagai asisten virtual yang bertugas untuk mengelola suatu aktivitas manusia contohnya seperti aktivitas untuk pembelian token. Penelitian ini menerapkan metode Natural Language Processing untuk melakukan interaksi antara komputer dan manusia dengan bahasa alami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan informasi terkait pemesanan token di PT Jasa Kelistrikan Indonesia. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa chatbot mampu memberikan respon dari pertanyaan yang diberikan terkait pembelian token. Akurasi yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 90%, dengan hasil tersebut memberikan jawaban bahwa chatbot memiliki kinerja yang baik dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Natural Language Processing, Sequence to Sequence Chatbot, Natural Language Processing, Sequence to Sequence
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:05
Last Modified: 14 Oct 2025 04:05
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item
View Item