Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Promo Tambah Daya Pada PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Belitung

Alamsyah, Firman and Wahyu Adi, Tri and Kurniawan, Ova (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Promo Tambah Daya Pada PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Belitung. Masters thesis, IT PLN.

[thumbnail of 202210036_FIRMAN ALAMSYAH_TESIS 1.pdf] Text
202210036_FIRMAN ALAMSYAH_TESIS 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian promo tambah daya pada PT. PLN (Persero) UP3 Belitung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal. Sampel penelitian melibatkan 150 pelanggan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis (uji T dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, dan bukti fisik berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sementara variabel proses tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan, variabel-variabel bauran pemasaran memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 56%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Penelitian ini menegaskan pentingnya implementasi strategi bauran pemasaran yang terintegrasi dalam meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, produk, harga, saluran distribusi, promosi, orang, proses, bukti fisik, keputusan pembelian
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Thesis
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Teknik Elektro
Depositing User: Sigit Firmanysah
Date Deposited: 27 Aug 2025 04:46
Last Modified: 27 Aug 2025 04:46
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item