ANALISIS SENTIMEN MELALUI TWITTER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. PLN(PERSERO) AREA KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE(SVM)

Fitriyah, Lailil Ayu and Asri, Yessy and Kuswardani, Dwina (2022) ANALISIS SENTIMEN MELALUI TWITTER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. PLN(PERSERO) AREA KALIMANTAN TIMUR MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE(SVM). Diploma thesis, IT PLN.

[thumbnail of 201831148_Lailil Ayu Fitriyah_Skripsi.pdf] Text
201831148_Lailil Ayu Fitriyah_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Twitter has become one of the media in accommodating public opinion, all audiences can access and write tweets based on their feelings. This also make the audience express opinions on the services or products of a company. PLN is one of the companies that accommodates the opinions of its customers. Opinions conveyed to PLN may countain negative, positive, or neutral sentiments. This is the purpose of this study, namely to conduct a sentiments analysis on opinions from twitter relating to PLN services in the East Kalimantan area. This sentiment uses the support vector machine algorithm in classifying. The results of the classification using 100 tweet data with a comparison of 90% training data and 10% testing, the results obtained are 80% accuracy
values.

Twitter menjadi salah satu media dalam menampung opini yang bersifat publik, semua khalayak dapat mengakses dan menuliskan tweet berdasarkan perasaan yang dirasa. Hal ini juga membuat khalayak menyampaikan opini terhadap layanan atau produk dari suatu perusahaan. PLN menjadi salah satu perusahaan yang menampung opiniopini dari pelanggannya. Opini yang disampaikan kepihak PLN dapat mengandung
sentimen negatif, positif atau netral. Hal ini menjadi tujuan penelitian ini yaitu melakukan analisis sentimen terhadap opini dari twitter yang berkaitan dengan layanan
PLN area Kalimantan Timur. Analisis sentimen ini menggunakan algoritma support vector machine dalam melakukan klasifikasi. Hasil dari klasifikasi menggunakan 100 data tweet dengan perbandingan 90% data training dan 10% data testing, didapatkan hasil nilai akurasi sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sentiments analysis, PLN, support vector machine(svm), twitter Analisis sentimen, PLN, support vector machine(svm), twitter
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:15
Last Modified: 16 Oct 2025 01:15
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item
View Item