Febriansyah, Sulthan Iqbal and Cahyaningtyas, Rizqia and Mr, Luqman (2023) IMPLEMENTASI METODE REGRESI LINIER PADA APLIKASI POINT of SALES (STUDI KASUS UMKM WARUNG DAPOER CITRA). Diploma thesis, IT PLN.
SKRIPSI_201731296 Sulthan Iqbal Febriansyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
The Covid-19 pandemic has had a significant impact on MSME players due to social restrictions that are strictly enforced by the government so that consumer behavior shifts from buying offline to buying online. Therefore, MSME actors must also follow customer behavior patterns by serving online. In the case of UMKM Dapoer Citra, the owner had difficulty recording sales results because sales records were still using books and these books were often mixed with other books making them difficult to find. As a result of this, owners are often wrong in predicting sales results for the following month. From these problems, the author created a point of sales (cashier) application to help Dapoer Citra UMKM owners in recording sales results and using a simple linear regression method to predict sales results in the following month. The purpose of this study is to make it easier for MSME owners to record sales results and predict sales results in the following month. Based on the research that has been done by the author, the Dapoer Citra UMKM point of sales application can run well, assisting the owner in developing his business, as well as assisting the owner in determining policies related to his business in the following month.
Pandemi Covid-19 membawa dampak yang signifikan kepada para pelaku UMKM dikarenakan pembatasan social yang secara ketat diberlakukan oleh pemerintah sehingga perilaku konsumen bergeser yang dulunya membeli secara offline sekarang membeli secara online. Oleh karena itu, para pelaku UMKM juga harus mengikuti pola perilaku pelanggan dengan melayani secara online. Pada kasus UMKM Dapoer Citra, pemilik kesulitan dalam mendata hasil penjualan dikarenakan pencatatan penjualan masih menggunakan buku yang dimana buku tersebut sering tercampur dengan buku yang lain sehingga sulit untuk ditemukan. Akibat dari hal tersebut, pemilik sering salah dalam memprediksi hasil penjualan untuk bulan berikutnya. Dari permasalahan tersebut, penulis membuat aplikasi point of sales (kasir) untuk membantu pemilik UMKM Dapoer Citra dalam pencatatan hasil penjualan dan menggunakan metode regresi linier sederhana untuk meramal hasil penjualan di bulan selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini untuk memudahkan pemilik UMKM untuk mencatat hasil penjualan dan meramal hasil penjualan dibulan berikutnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, aplikasi point of sales UMKM Dapoer Citra dapat berjalan dengan baik, membantupemilik dalam mengembangkan usahanya, serta membantu pemilik dalam menentukan kebijakan terkait usahanya pada bulan berikutnya
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MSME, Point of Sales, Linear Regression, Sales UMKM, Point of Sales, Regresi Linier, Penjualan |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:28 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 03:28 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2474 |
