ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN BACA DATA DAN KELAINAN METER PELANGGAN AUTOMATIC METER READING (AMR) MENGGUNAKAN APLIKASI AMICON DI PT PLN (PERSERO) UP3 SUMEDANG

Ervira, Lilis Puspa and Purwanto, Sugeng (2022) ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN BACA DATA DAN KELAINAN METER PELANGGAN AUTOMATIC METER READING (AMR) MENGGUNAKAN APLIKASI AMICON DI PT PLN (PERSERO) UP3 SUMEDANG. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 202011340 LILIS PUSPA ERVIRA.pdf] Text
SKRIPSI 202011340 LILIS PUSPA ERVIRA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

KWh meter milik PLN merupakan alat untuk mengukur jumlah penggunaan energi listrik pelanggan dan sebagai acuan tagihan listrik yang harus dibayar pelanggan setiap bulannya. Kegiatan pencatatan stan meter pelanggan, khususnya pelanggan meter AMR menggunakan Aplikasi Automatic Meter Reading Terpusat (A2MRT). Terkadang ada masalah sehingga AMR tidak dapat mengirim data ke server atau gagal terbaca. Dari permasalahan tersebut, diperlukan tools, metode dan analisa kegagalan baca data AMR sehingga penyebabnya dapat dipetakan dan ditindaklanjuti secara cepat dan tepat. Tools yang digunakan yaitu AMICON yang berfungsi sebagai sistem AMR Terpusat dan diimplementasikan di lingkungan PLN unit distribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan cara mengumpulkan data hasil baca AMICON Tahun 2021 di PT PLN (Persero) UP3 Sumedang. Hasil yang diperoleh, penyebab meter AMR gagal terbaca sebanyak 55.33% dikarenakan kerusakan perangkat komunikasi (Modem, Antena, Simcard, Kabel), 4.92% dikarenakan perangkat meter rusak, 5,94% karena kerusakan adaptor dan sebanyak 33.81% karena ketidaksinkronan data AMR dengan DIL AP2T. Kelainan yang terjadi pada kWh meter AMR diantaranya karena adanya pengawatan terbalik, arus tidak seimbang dan deviasi akibat kerusakan alat metering yang dianalisa menggunakan parameter load profile, diagram phasor dan EIS sebagai dasar perhitungan tagihan susulan.

PLN's KWh meter is a tool to measure the amount of electricity used by customers and as a reference for electricity bills that must be paid by customers every month. The recording of customer meter booths, especially AMR meter customers, uses the Centralized Automatic Meter Reading (A2MRT) Application. Sometimes there is a problem that AMR cannot send data to the server or it fails to read. From these problems, tools, methods and analysis of AMR data read failures are needed so that the causes can be mapped and followed up quickly and precisely. The tools used are AMICON which functions as a Centralized AMR system and is implemented in the PLN distribution unit environment. The research method used is a quantitative method by collecting data from the 2021 AMICON reading results at PT PLN (Persero) UP3 Sumedang. The results obtained, the cause of the AMR meter failing to read as much as 55.33% due to damage to communication devices (Modem, Antenna, Simcard, Cable), 4.92% due to damaged meter equipment, 5.94% due to faulty adapter and 33.81% due to asynchronous AMR data with DIL AP2T. Abnormalities that occur in the AMR kWh meter include reverse wiring, unbalanced currents and deviations due to metering equipment damage which are analyzed using load profile parameters, phasor diagrams and EIS as the basis for calculating a Supplementary Bill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gagal Baca AMR, AMICON, Deviasi Meter, Tagihan Susulan Failed to Read AMR, AMICON, Deviation Meter, Supplementary Bill
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 17 Oct 2025 06:10
Last Modified: 17 Oct 2025 06:10
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2489

Actions (login required)

View Item
View Item