Saragih, Sara Adelina and Wulandari, Dewi Arianti and purwanto, yudhi s. (2023) IMPELEMTASI METODE HAVERSINE FORMULA UNTUK MENENTUKAN JARAK TEDEKAT PADA APLIKASI PENANGANAN KELUHAN PT. TIRTA REMU. Diploma thesis, IT PLN.
![[thumbnail of 201831083_Sara Adelina Saragih_Skripsi.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
201831083_Sara Adelina Saragih_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Company officer PT. Tirta Remu is often confused about getting the optimal distance to the customer's location. From the results of the interview, there is a fairly clear point, namely the length or delay of the officer because the officer must determine the location himself with the customer's location, the customer cannot know for sure when the officer comes to the location. From the 2023 data in January there were 60 customer complaints, from the data taken by the author with 5 data samples, the location distance between officers and customers was 18.1 km with an average of 3.62 km, this had a bad impact on the company's image because of the long waiting time for customers when officers came to the location. The Haversine method is one of the optimal distance determination methods because this method calculates the closest distance using two points from google maps from longitude and latitude. From the results of the calculation, it shows that the haversine method has a faster impact where from 5 data, savings of 9.82 km can be taken. Then a system / application is needed that sends data to officers to be able to find the closest location to the existing event using the Haversine Formula. in this case the haversine method is suitable to be implemented in the case of PT Tirta Remu when compared to the existing google map
Petugas perusahaan PT. Tirta Remu sering kebingungan mendapatkan jarak optimal ke lokasi pelanggan. Dari hasil wawancara terdapat poin yang cukup jelas yaitu lama atau terlambatnya petugas dikarenakan petugas harus menentukan sendiri lokasinya dengan lokasi pelanggan, pelanggan tidak dapat mengetahui dengan pasti kapan petugas datang
ke lokasi.Dari data tahun 2023 di bulan januari terdapat 60 keluhan pelanggan, dari data yang diambil oleh penulis dengan 5 sampel data maka jarak lokasi antara petugas dan pelanggan sebanyak 18,1 km dengan rata-rata 3,62 km,hal tersebut memberikan dampak yang kurang baik bagi citra perusahaan karena lama waktu tunggu pelanggan saat petugas
datang ke lokasi. Metode Haversine merupakan salah satu metode penetuan jarak optimal karena dalam metode ini menghitung jarak terdekat dengan menggunakan dua titik dari google maps dari garis bujur (longitude) dan garis lintang (latitude). Dari hasil hitungan menunjukan metode haversine memberikan dampak lebih cepat dimana dari 5 data dapat diambil penghematan sebanyak 9,82 km. maka diperlukan suatu sistem/ aplikasi yang mengirim data ke petugas untuk dapat mencari lokasi terdekat dengan kejadian yang ada dengan menggunakan haversine formula. dalam case ini metode haversine cocok untuk di impelementasikan dalam kasus PT Tirta Remu jika dibandingkan dengan google maps
yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Haversine Formula, Distance, Android Haversine Formula, Jarak, Android |
Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Lingkungan |
Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Sutrisno |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 01:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 01:48 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2541 |