PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA NON INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DAN PROMOSI LINGKUNGAN KAMPUS ITPLN BERBASIS 3D

PUTRA, ALFIAN TRI and Fitriani, Yessy and Djamain, Yasni (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA NON INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DAN PROMOSI LINGKUNGAN KAMPUS ITPLN BERBASIS 3D. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of 201531279_Alfian tri putra_revisi_Skripsi_Alfian Tri Putra.pdf] Text
201531279_Alfian tri putra_revisi_Skripsi_Alfian Tri Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Animasi 3D sudah tidak asing lagi digunakan sebagai media pengenalan dan promosi, oleh karena itu penulis ingin menerapkan animasi 3D sebagai media pengenalan dan
promosi kampus ITPLN, dengan melihat rata-rata mahasiswa baru ITPLN berasal dari luar kota tidak mengetahui bentuk lingkugan dan fasilitas yang ada di ITPLN, karna itu
penulis merasa tepat menggunakan animasi 3D sebagai media pengenalan dan promosi IT-PLN. Dalam animasi ini penulis menampilkan bentuk lingkungan yang ada di ITPLN
seperti Taman, auditorium, dan fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar seperti kelas dan laboratorium. menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life
Cycle) dilakukan melalui 6 tahapan utama yaitu, 1. Concept berupa menentukan tujuan dan konsep dengan melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara. 2. Design
merancang materi dan membuat storyboard agar pembuatan media lebih terarah dan tertata. 3. Material collection berupa pengumpulan bahan sesuai dengan yang dilakukan. 4. Assembly merupakan tahap dimana semua objek multimedia dibuat. 5. Testing tahap dimana melakukan pemutaran dan dilihat apakah ada kesalahan atau tidak. 6 distribution berupa setelah media yang telah selesai dibuat dan dicek dan dinyatakan baik sesusai tujuan pembuatan akan didistribusikan. Hasil akhir yang di dapat adalah media pengelanan dan promosi ini dapat memberikan informasi bagi calon mahasiswa yang akan
melanjutkan Pendidikan di ITPLN.

3D animation is no longer used as a medium of introduction and promotion, therefore the author wants to apply 3D animation as a medium of introduction and promotion of ITPLN
campus, by seeing the average ITPLN new student from outside the city does not know the shape of the environment and facilities in ITPLN, therefore the author feels it is
appropriate to use 3D animation as a medium of introduction and promotion of IT-PLN. In this animation, the author displays the environmental forms in ITPLN such as parks,
auditoriums, and facilities that support teaching and learning activities such as classes and laboratories. Using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method is done through 6 main stages, namely, 1. Concept in the form of determining goals and concepts by spreading questionnaires and interviews. 2. Design designing materials and creating
storyboards so that media creation is more directed and organized. 3. Material collection in the form of material collection in accordance with what is done. 4. Assembly is the stage at which all multimedia objects are created. 5. Testing the stage where the playback is performed and seen whether there are errors or not. 6 distribution in the form of after the finished media is made and checked and declared good after the purpose of making will be distributed. The final result that can be this media of dissing and promotion can provide information for prospective students who will continue their education at ITPLN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pengenalan dan promosi, MDLC(Multimedia Development life Cycle), Animasi 3D, ITPLN. Introduction and promotion Media, MDLC(multimedia Development life Cycle), 3D Animation, ITPLN
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:58
Last Modified: 21 Oct 2025 03:58
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item
View Item