Mubaroq, Sholihul and Iduwin, Tommy (2024) EVALUASI KERUSAKAN RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) STUDI KASUS : JALAN TAMPAK SIRING, DAAN MOGOT KEC. CENGKARENG, JAKARTA BARAT. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of Skripsi_Sholihul_Mubaroq_201921081.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Sholihul_Mubaroq_201921081.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Jalan, dalam bentuk apapun, adalah sarana transportasi darat yang mencakup semua bagian jalan, serta bangunan tambahan dan perlengkapan yang dimaksudkan untuk memudahkan lalu lintas. Kerusakan jalan terjadi akibat peningkatan beban volume lalu lintas dimana ruas jalan selalu dilalui kendaraan – kendaraan berat yang melintas pada ruas jalan tersebut, untuk menangani masalah penurunan kualitas jalan yang mengakibatkan kerusakan pada permukaan jalan, penting untuk melakukan evaluasi dan penilaian yang komprehensif terhadap kondisi lapisan permukaan jalan dengan menggunakan metode Pavemen Condition Index (PCI) dan kemudian dapat diketahui penangan yang perlu dilakukan pada ruas jalan tersebut. Pengamatan dengan metode PCI dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap jenis kerusakannya dan juga dilakukan pengukuran panjang, lebar dan kedalaman dari setiap kerusakan pada permukaan jalan. Jalan yang diteliti adalah jalan tampak siring sepanjang 2 Kilometer dengan lebar jalan 8 meter yang dibagi menjadi 20 segmen dengan panjang setiap segman 100 meter. Dari hasil pengamatan dapat diketahui jenis kerusakan yang terjadi antara lain retak kulit buaya, retak blok, tonjolan dan cekungan, retak memanjang dan melintang, tambalan, lubang dan pelepasan butir. Dari hasil perhitungan didapat nilai PCI rata – rata sebesar 54 yang dikategorikan dalam kondisi sedang. Dan penanganan yang perlu dilakukan pada ruas lana Tampak Siring berupa lapis tambah dengan dilakukan perbaikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan bagi pengendara.
A road, in whatever form, is a means of land transportation that includes all parts of the road, as well as additional buildings and equipment intended to facilitate traffic. Road damage occurs due to increased traffic volume loads where the road section always has heavy vehicles passing on the road section. To deal with the problem of decreasing road quality which results in damage to the road surface, it is important to carry out a comprehensive evaluation and assessment of the condition of the surface layer. roads using the Pavement Condition Index (PCI) method and then we can determine what treatment needs to be done on that road section. Observations using the PCI method are carried out by observing the type of damage and also measuring the length, width, and depth of each damage to the road surface. The road studied is a 2-kilometer-long slanted road with a road width of 8 meters which is divided into 20 segments with each segment being 100 meters long. From the observations, it can be seen that the types of damage that occurred included aligator cracks, block cracks, bumps and sags, longitudinal and transverse cracks, patching, potholes, and raveling. From the calculation results, an average PCI value of 54 was obtained, which was categorized as being in moderate condition. The handling that needs to be done on the Tampa Siring road section is in the form of additional layers. With these improvements, it is hoped that it will increase safety for motorists.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI) Evaluation, road damage, Pavement Condition Index (PCI) |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 02:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 02:01 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/267 |