YUNIANDA, QUZAINI and Jatnika, Hendra and Agtriadi, Herman Bedi (2021) IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT APLIKASI WISATA DI PULAU LOMBOK PADA AGEN TRAVEL LOKAWISATA LOMBOK. Diploma thesis, ITPLN.
201431197_QUZAINI YUNIANDA_Revisi_Skripsi_Quzaini Yunianda.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu industry yang sangat potensial bagi Indonesia.
Dimana Lombok juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Di Lombok juga banyak
terdapat tempat wisata yang menawarkan berbagai kelebihannya masing- masing. Dalam
melakukan perjalanan wisata banyak wisatawan yang bingung dalam menentukan tujuan
destinasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhannya. Peneltian ini bertujuan untuk
membangun sistem pendukung keputusan (SPK) untuk memberikan rekomendasi paket
wisata yang sesuai dengan kebutuhannya dengan menggunakan meteode Weighting
Product. Pemilihan metode Weighting Product didasarkan juga atas kemampuannya
dalam memberikan solusi dalam pemeringkatan. Pada penilitian ini akan dilakukan
perhitungan dari beberapa data alternatife paket wisata berdasarkan kriteria-kriteria atau
atribut yang di tetapkan yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara perkalian untuk
menghubungkan rating atribut dengan rating bobot yang bersangkutan. Metode ini
memberikan pembobotan kriteria sesuai dengan kondisi atau perefrensi. Dimana kriteria
yang digunakan untuk prose pembobotannya menggunakan biaya, lama wisata, jumlah
orang, fasilitas penginapan, dan jarak. Untuk hasil dari penelitian ini memberikan
rekomendasi pilihan paket wisata dari hasil metode yang digunakan. Dalam konsep ini
dengan menggunakan metode Weighting Product sebagai sistem pendukung keputusan
dapat memberikan pemilihan rekomendasi paket wisata sesuai dengan kebutuhan
wisatawan.
The tourism sector is one of the most potential industries for Indonesia. Where Lombok is also
one of the favorite tourist destinations. In Lombok, there are also many tourist attractions that
offer various advantages of each. In traveling, many tourists are confused in determining the
destination of tourist destinations that suit their needs. This research aims to build a decision
support system (DSS) to provide recommendations for tour packages according to their needs
using the Weighting Product method. The selection of the Weighting Product method is also based
on its ability to provide solutions in ranking. In this study, calculations will be made of several
alternative data for tour packages based on the criteria or attributes that have been set which
can solve the problem by multiplying to connect the attribute rating with the weight rating in
question. This method gives weighting criteria according to conditions or preferences. Where the
criteria used for the weighting process use cost, length of tour, number of people, lodging
facilities, and distance. The results of this study provide recommendations for the choice of tour
packages from the results of the methods used. In this concept using the Weighting Product
method as a decision support system can provide the selection of tour package recommendations
according to the needs of tourists.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Pendukung Keputusan. Weighting Product, Parawisata |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Nurul Hidayati |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 08:22 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 08:22 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2711 |
