STUDI INDEKS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20 KV PADA PENYULANG HOTE DI PT.PLN (PERSERO) ULP BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

Rumau, Ismail and Hidayat, Syarif (2022) STUDI INDEKS KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI 20 KV PADA PENYULANG HOTE DI PT.PLN (PERSERO) ULP BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 201811102 ISMAIL RUMAU.pdf] Text
SKRIPSI 201811102 ISMAIL RUMAU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sistem distribusi sebagai salah satu bagian dari..sistem..tenaga..listrik dan berhubungan secara langsung bersama konsumen. Sistem distribusi adalah satu bagian dari PLN yang paling sering mengalami gangguan atau kerusakan dalam sistem tenaga listrik, oleh karenanya sangat penting untuk selalu menjaga keandalan tenaga listrik agar tetap memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen. Keandalan suatu sistem tenaga listrik sangat penting untuk tetap dijaga agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pada penelitian ini, metode yang pakai adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil Analisa data yang diperoleh yaitu nilai SAIDI sebesar 5,114 jam /pelanggan/tahun (2020), 4,174 jam/pelanggan/tahun (2021). SAIFI sebesar 4,878 pemadaman/pelanggan/tahun (2020), 1,991 pemadaman/pelanggan/tahun (2021). CAIDI sebesar 15,820 jam/pelanggan (2020), 44,951 jam/pelanggan (2021) dan ASAI 11,988 (2020), 7,989 (2021). Beberapa faktor yang menyebabkan kurang andalnya penyulang hote di PT. PLN (Persero) ULP Bula Kabupaten Seram Bagian Timur yaitu seperti Pohon Tumbang, Kelelawar, Ular, Dahan Pohon dan lain-lain. maka langkah-langkah yang dilakukan untuk memperbaiki keandalan ialah rutin melakukan rambasan, panjat tiang tuntas, pemasangan FCO, serta pemasangan jaring pada tiang guna mencegah hewan liar seperti ular dan lain-lain.

The distribution system as one part of system power electricity and is directly related to consumers. The distribution system is one part of PLN that most often experiences interference or damage in the electric power system, therefore it is very important to always maintain the reliability of electric power in order to continue to provide maximum service to consumers. The reliability of an electric power system is very important to be maintained in order to meet consumer needs. In this study, the method used was a descriptive quantitative method. The results of the data analysis obtained are the SAIDI value of 5,114 hours / customer / year (2020), 4,174 hours / customer / year (2021). SAIFI of 4,878 outages/customers/year (2020), 1,991 outages/customers/year (2021). CAIDI is 15,820 hours/subscriber (2020), 44,951 hours/subscriber (2021) and ASAI 11,988 (2020), 7,989 (2021). Several factors have led to the lack of reliability of hote refiners in PT. PLN (Persero) ULP Bula, Eastern Seram Regency, such as Fallen Trees, Bats, Snakes, Tree Branches and others. then the steps taken to improve reliability are routinely rambasan, complete pole climbing, FCO installation, and installation of nets on poles to prevent wild animals such as snakes and others.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Keandalan, Kuantitatif, FCO Distribution, Reliability, Quantitative, FCO
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:56
Last Modified: 21 Oct 2025 08:56
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item
View Item