Susanti, Meldira and Jatnika, Hendra and Susanti, Meilia Nur Indah (2023) IMPLEMENTASI METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS) PADA APLIKASI MAMI BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : MIE API NARAKO). Diploma thesis, IT PLN.
SKRIPSI_MELDIRA SUSANTI_201931277.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
Mie Api Narako is one of the places to eat in the city of Padang with 24 branches in West Sumatra. The number of branches that have been opened so many visitors are familiar with Mie Api Narako as a place to eat favorite spicy noodles with a distinctive taste. The ordering process for Mie Api Narako is still ongoing using manual processes or not yet computerized. Constraints on the system an ongoing order is that visitors have to wait a long time when ordering food manually. If there are many visitors it causes a queue long ones make visitors wait a long time, sometimes employees can't see visitors who come first, so that visitors come later priority over visitors who arrive first. To overcome the existing obstacles, in order to improve the service of this Narako Api Noodle, one The solution that can be proposed is to implement the methodFirst Come Fisrt Served (FCFS) on the application that will manage customer orders. On this application there are features Dine in use QR Code. Method system development used is the waterfall method. Web application built using the PHP programming language. This application can also improve service to customers.
Mie Api Narako adalah salah satu tempat makan yang berada di Kota Padang dengan memiliki 24 cabang di Sumatera Barat. Banyaknya cabang yang telah di buka sehingga pengunjung sudah banyak mengenal Mie Api Narako sebagai tempat makan mie pedas favorit dengan rasa ciri khas. Proses pemesanan pada Mie Api Narako ini masih menggunakan proses manual atau belum terkomputerisasi. Kendala pada sistem pemesanan yang sedang berjalan adalah pengunjung harus menunggu lama saat memesan makanan secara manual. Jika ada banyak pengunjung menyebabkan terjadinya antrian yang panjang membuat pengunjung menunggu lama, terkadang karyawan tidak dapat melihat pengunjung yang datang lebih dulu, sehingga pengunjung yang datang belakangan diprioritaskan daripada pengunjung yang datang lebih dulu. Untuk mengatasi kendala yang ada, guna meningkatkan pelayanan dari Mie Api Narako ini, salah satu solusi yang dapat diusulkan yaitu dengan mengimplementasikan metode First Come Fisrt Served (FCFS) pada aplikasi yang akan mengelola pesanan pelanggan. Pada aplikasi ini terdapat fitur Dine in menggunakan QR Code. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Aplikasi web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Aplikasi ini juga dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Dine in, First Come First Served,, QR Code. |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 04:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 04:15 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2742 |
