KEANDALAN JARINGAN DISTRIBUSI DI PULAU PANJANG DENGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL

Pangestu, Arova Putra and Samsurizal, Samsurizal (2022) KEANDALAN JARINGAN DISTRIBUSI DI PULAU PANJANG DENGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA DIESEL. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 201811089 AROVA PUTRA PANGESTU.pdf] Text
SKRIPSI 201811089 AROVA PUTRA PANGESTU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan energi listrik di Indonesia sebagian besar masih di dominasi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap, dengan melihat sisi permasalahan keandalan dari sistem distribusi tenaga listrik khususnya pada pulau terluar,dalam hal ini adalah Pulau Panjang Maka dilakukan penelitian tentang sistem distribusi di Pulau Panjang,dari hasil yang di dapat bahwa sumber utama energi listrik disini di suplai oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. Penggunaan PLTD disini beroperasi selama 24 jam sejak 2019, dengan 4 mesin utama yang beroperasi efektif, setiap harinya hanya 2 mesin yang beroperasi dengan bergantian selama 12 jam sekali, maka diangkat lah permasalahan keandalan untuk di teliti. Dengan menggunakan metode SAIDI dan SAIFI, didapat kan hasil nilai SAIDI dan SAIFI sangat tinggi yakni 403.645 untuk SAIDI dan 16 untuk SAIFI, lalu dilakukan perbandingan indeks keandalan berdasarkan SPLN 68-2 : 1986 ,IEEE dan WCS per Januari 2022 hingga Juni 2022, dan dikatakan Tidak handal. Maka diperlukan alternatif sumber energi listrik dengan pemasangan PLTS pada area Pulau Panjang. Sistem PLTS digunakan untuk mengurangi batas waktu diesel bekerja agar diperoleh kinerja yang optimal.

By examining the issue of the electrical power distribution system's dependability, particularly on the outer islands, in this case Pulau Panjang, it can be seen that the usage of electrical energy in Indonesia is still predominantly controlled by steam power plants. It is discovered that the Diesel Power Plant is this location's primary source of electrical energy. Since 2019, the use of PLTD has been running continuously here, with four primary engines operating efficiently. However, each day, only two machines run alternately for 12 hours, raising a reliability concern that has to be looked into. The SAIDI and SAIFI values obtained using these approaches are extremely high (403,645 for SAIDI and 16 for SAIFI), Then, it was claimed that an index comparison based on SPLN 68-2: 1986, IEEE, and WCS as of January 2022 to June 2022 was erroneous. Thus, the installation of PLTS in the Long Island region is required as a substitute for electrical energy. In order to achieve optimal performance, the diesel working time limit is decreased using the PLTS technology

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PLTD,SAIDI, SAIFI, Keandalan PLTD, SAIDI, SAIFI, Reliability
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:59
Last Modified: 22 Oct 2025 07:59
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item
View Item