PENANGANAN KEAUSAN BANTALAN CRANKSHAFT YANG DIAKIBATKAN TIDAK ADA PENYUPLAIAN PELUMASAN DARI POMPA OLI DI PT PLN (PERSERO) PLTD YARMOKH JAYAPURA

Tan, Andris Celchius and Rusjdi, Halim and Wahyuningsih, Utami (2021) PENANGANAN KEAUSAN BANTALAN CRANKSHAFT YANG DIAKIBATKAN TIDAK ADA PENYUPLAIAN PELUMASAN DARI POMPA OLI DI PT PLN (PERSERO) PLTD YARMOKH JAYAPURA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Tugas Akhir -Andris Checius Tan.pdf] Text
Tugas Akhir -Andris Checius Tan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Main bearing merupakan salah satu komponen terpenting yang berada pada mesin diesel, main bearing merupakan komponen yang bertujuan untuk mencegah tidak adanya gesekan antara crankshaft dan crankcase selama beroperasi penyuplaian pelumasan pada main bearing ini berasal dari tempat penampungan yang berada pada sistem pelumasan, yang dipompakan oleh pompa oli untuk menghisap pelumasan tersebut dan menyalurkan pada setiap komponen yang bergerak atau bergesekan salah satunya yaitu main bearing selama 13 hari (2 minggu) ketika tidak dioperasikan mesin SWD 6 TM 410 RR di PLTD Yarmokh Jayapura mengalami permasalahan yaitu kekosongan pada sisa hisap sehingga berdampak pada kerusakan-kerusakan main bearing sehingga penangan yang dilakukan terhadap kekosongan pada sisi hisap tersebut adalah pemancingan dengan cara disini kekosongan tersebut menggunakan pelumasan yaitu minyak oli hingga memnuhi bagian sisi hisap tersebut sedangkan untuk main bearing yang mengalami kerusakan dilakukan pergantian dengan main bearing yang baru dengan melakukan pembuatan laporan kepada UIW papua untuk mendatangkan main bearing yang baru sehingga dapat dilakukan pemasangan. untuk pencengahan terjadi kekosongan maka diperlukan pemasangan foot klep atau tidak swing check valve yang bertujuan untuk mencegah terjadi back flow agar terhindar dari kekosongan pada sisi hisap pipa selama jangka waktu tertentu tidak dioperasikan di PT PLN (Persere) PLTD Yarmokh Jayapura.

Main bearing is one of the most important components in a diesel engine, main bearing is a component that aims to prevent friction between the crankshaft and crankcase
during operation. The supply of lubrication to the main bearing comes from a reservoir located in the lubrication system, which is pumped by a pump. oil to suck the lubrication and distribute it to every moving or rubbing component, one of which is the main bearing. for 13 days when the SWD 6 TM 410 RR engine was not operated at the Yarmokh Jayapura PLTD experienced a problem, namely a vacuum in the remaining suction so that it had an impact on damage to the main bearing so that the handling of the vacuum on the suction side was fishing by means of this vacancy using lubrication, namely oil until it fills the suction side, while for the main bearing that is damaged, it is replaced with a new main bearing by making a report to UIW Papua to bring in a new main bearing so that it can be installed. to prevent vacancies, it is necessary to install a foot valve or not to swing a check valve which aims to prevent back flow from occurring in order to avoid a vacuum on the suction side of the pipe for a certain period of time not being operated at PT PLN (Persere) PLTD Yarmokh Jayapura

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Main Bearing, pump oil, Lubrication, Sistem Pelumasan, PLTD, Foot Klep
Subjects: Bidang Keilmuan > Maintenance
Bidang Keilmuan > Mechanical Engineering
Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Mesin
Divisions: Vokasi > D3 Teknologi Mesin
Depositing User: Yudha Formanto
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:48
Last Modified: 02 Sep 2025 04:28
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item