EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI DAN APLIKASI PTV VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG Jl. DAAN MOGOT KEC. CENGKARENG JAKARTA BARAT)

Isra, Maulana Zikra and Iduwin, Tommy (2024) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE MKJI DAN APLIKASI PTV VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG Jl. DAAN MOGOT KEC. CENGKARENG JAKARTA BARAT). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Skripsi_Maulana Zikra Isra_201921019.pdf] Text
Skripsi_Maulana Zikra Isra_201921019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Persimpangan adalah simpul pada jaringan jalan dimana jalan-jalan bertemu dan lintasan kendaraan berpotongan Ketika berkendara di dalam kota, orang dapat melihat bahwa kebanyakan jalan di daerah perkotaan biasanya memiliki persimpangan. Salah satu simpang bersinyal dengan tingkat kemacetan yang tinggi adalah simpang bersinyal Daan Mogot Kec Cengkareng Kota Jakarta Barat. Adanya Traffic Light di persimpangan Daan Mogot Kec Cengkareng Kota Jakarta Barat masih menimbulkan terjadinya kepadatan volume kendaraan di persimpangan tersebut. Maka dari itu perlu adanya Studi Alternatif untuk mengurangi Kemacetan yang terjadi pada Persimpangan ini dengan Menggunakan Metode yang digunakan yaitu simulasi lalu-lintas menggunakan metode MKJI 1997 dan software PTV VISSIM. Metode MKJI 1997MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) adalah pedoman teknis yang sangat penting dalam menganalisis dan mengevaluasi kinerja simpang bersinyal. Sedangkan software PTV VISSIM adalah salah satu simulasi profesional yang dapat digunakan untuk pemodelan lalu-lintas. Pengambilan data dilakukan selama 1 hari pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2024 jam puncak pagi hari (06.00 09.00), siang hari (11.00-13.00) dan sore hari (16.00-19.00). Hasil yang diperoleh dengan Metode MKJI 1997, Nilai Deraja Kejenuhan (DS) adalah 0,42. Panjang antrian mencapai 74,3 m 42 panjang antriannya mencapai 74,3 m dan jumlah kendaraan henti mencapai 900 smp/jam di Jalan Raya Pantura arah Barat, dan tundaannya (D) mencapai 42,58 detik/smp. Dan Hasil dari optimalisasi menggunakan Software PTV VISSIM pada persimpangan yaitu 120 detik dan dapat mengurangi Antrean menjadi 40,44 meter dan Tundaan sebesar 190,89% / Jam.

An intersection is a node on the road network where roads meet and vehicle trajectories intersect When driving in the city, one can see that most roads in urban areas usually have intersections. One of the signalized intersections with a high level of congestion is the Daan Mogot signalized intersection in Cengkareng District, West Jakarta City. The existence of Traffic Lights at the Daan Mogot intersection, Cengkareng District, West Jakarta City, still causes the density of vehicle volume at the intersection. Therefore, it is necessary to have an Alternative Study to reduce the congestion that occurs at this intersection by using the method used, namely traffic simulation using the MKJI 1997 method and PTV VISSIM software. MKJI Method 1997MKJI (Indonesia Road Capacity Manual) is a very important technical guideline in analyzing and evaluating the performance of signaled intersections. Meanwhile, VISSIM PTV software is one of the professional simulations that can be used for traffic modeling. Data collection was carried out for 1 day on Saturday, June 10, 2024 during the morning (06.00-09.00), afternoon (11.00-13.00) and afternoon (16.00-19.00). The results obtained by the 1997 MKJI Method, the Saturation Degree (DS) Value was 0.42. The length of the queue reached 74.3 m 42, the length of the queue reached 74.3 m and the number of vehicles stopped reached 900 smp/h on Jalan Raya Pantura west, and the delay (D) reached 42.58 seconds/smp. And the result of optimization using PTV VISSIM Software at the intersection is 120 seconds and can reduce the Queue to 40.44 meters and the Delay by 190.89% / Hour.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MKJI 1997, Software PTV Vissim, Volume lalu lintas, Tundaan dan Antrean Kendaraan. MKJI 1997, PTV Vissim Software, Traffic Volume, Vehicle Delays and Queues.
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:46
Last Modified: 28 Aug 2025 02:46
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item
View Item