OPTIMALISASI PEMERIKSAAN APP TR PENGUKURAN TIDAK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN SAVING KWH DI PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG KARANG

Samputro, Mochammad Rizki and Hasanah, Aas Wasri (2024) OPTIMALISASI PEMERIKSAAN APP TR PENGUKURAN TIDAK LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN SAVING KWH DI PT PLN (PERSERO) UP3 TANJUNG KARANG. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 202011378 MOCHAMMAD RIZKI SAMPUTRO.pdf] Text
SKRIPSI 202011378 MOCHAMMAD RIZKI SAMPUTRO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Untuk melakukan pengukuran transaksi energi pada pelanggan PLN diperlukan Alat Pengukur dan Pembatas (APP). APP pengukuran tidak langsung pada pelanggan tegangan rendah terdapat kWh meter dan Current Transformator (CT) yang harus dipastikan dalam kondisi baik. Untuk mengetahui kondisi pada kWh meter dan CT diperlukan pemeriksaan secara berkala menggunakan alat Emsyst. Dalam pemeriksaan APP menggunakan Emsyst bertujuan untuk mengetahui error pada kWh meter & Current Transformator sehingga dapat ditindaklanjuti perbaikannya. Selain itu, diperlukan juga pendataan untuk memudahkan PLN dalam menganalisa dan mengevaluasi hasil pemeriksaan yang sebelumnya tidak ada database-nya. Aplikasi appsheet digunakan untuk mendata hasil pemeriksaan, spesifikasi APP, dan dokumentasi selama pemerikasaan berlangsung. Dari 994 pelanggan di PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang, sebanyak 565 pelanggan sudah diperiksa dan terdapat 10 pelanggan yang mengalami error dan sudah dilakukan perbaikan. Dalam perbaikan tersebut potensi kWh meter yang diperoleh sebesar 69.041 kWh atau setara dengan Rp. 85.882.974,00. Pelanggan bank PI merupakan pelanggan dengan Error APP tertinggi sebesar -60% dengan potensi saving kWh meter sebanyak 7.407 kWh.

To measure energy transactions for PLN customers, a Measuring and Limiting Device (APP) is required. Indirect measurement APPs for low voltage customers include kWh meters and Current Transformers (CT) which must be ensured to be in good condition. To determine the condition of the kWh meter and CT, regular inspections using the Emsyst tool are required. In checking the APP using Emsyst, the aim is to find out Errors in the kWh meter & Current Transformer so that repairs can be followed up. Apart from that, data collection is also needed to make it easier for PLN to analyze and evaluate inspection results for which there was previously no database. The appsheet application is used to record inspection results, APP specifications, and documentation during the inspection. Of the 994 customers at PT PLN (Persero) UP3 Tanjung Karang, 565 customers have been checked and there are 10 customers who have experienced Errors and repairs have been made. In these improvements, the potential kWh meter obtained is 69,041 kWh or the equivalent of Rp. 85,882,974.00. PI bank customers are customers with the highest APP Error of -60% with a potential kWh meter saving of 7,407 kWh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transaksi Energi, Pembatas, Pemeriksaan, Pelanggan. Energy Transactions, Barriers, Inspection, Customers.
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:39
Last Modified: 28 Oct 2025 02:39
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3014

Actions (login required)

View Item
View Item