Shinta, Dwi Tara and Samsurizal, Samsurizal (2024) PENGARUH VARIASI KECEPATAN TERHADAP JARAK TEMPUH, SUHU DAN BATERAI PADA KENDARAAN LISTRIK VOLTA 401. Diploma thesis, ITPLN.
SKRIPSI 202011217 DWI TARA SHINTA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi kecepatan terhadap jarak tempuh, suhu, dan kapasitas baterai pada kendaraan listrik Volta 401. Motor listrik dan baterai adalah sumber tenaga utama. Baterai pada kendaraan listrik menyimpan energi yang dapat diisi ulang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut. Penelitian ini menganalisis data yang dilakukan didua kondisi dengan durasi 10,15,20 menit dengan pengujian Indoor Outdoor. Hasil pengujian menunjukkan kecepatan memiliki dampak signifikan terhadap jarak tempuh, suhu, dan kapasitas baterai. Pada pengujian jarak tempuh,dipengujian Indoor nilai koefisiensi determinasi R²(0,9714, 0,978, 0,99), diOutdoor R²( 0,9725, 0,981, 9437) menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara kecepatan dan jarak tempuh. Untuk suhu baterai hubungan yang kuat dengan nilai R²(0,9244, 0,8377, 8833)diIndoor dan Outdoor R²( 0,7695, 0,9619, 0,8769) dikondisi Outdoor menunjukkan adanya faktor lain yang mungkin mempengaruhi suhu baterai selain kecepatan, terutama dikondisi Outdoor. Kapasitas baterai menunjukkan penurunan signifikan dengan peningkatan kecepatan,hubungan yang sangat tinggi dalam kondisi Indoor dengan R²(0,9714, 0,978, 0,99) dan R²(0,9725, 0,981, 0,9437) diOutdoor. Hasil penelitian menunjukkan, peningkatan kecepatan berpengaruh signifikan terhadap jarak tempuh, kapasitas baterai, serta peningkatan suhu baterai, hal ini menekankan pentingnya pengelolaan kecepatan untuk menjaga efisiensi dan kinerja optimal kendaraan listrik.
This study analyzes the effect of speed variations on mileage, temperature, and battery capacity in the Volta 401 electric vehicle. Electric motors and batteries are the main sources of power. The battery in an electric vehicle stores renewable energy. The data obtained were analyzed using the multiple linear regression method to determine the relationship between these variables. This study analyzed data carried out in two conditions with a duration of 10, 15, 20 minutes with Indoor Outdoor testing. The test results show that speed has a significant impact on mileage, temperature, and battery capacity. In the mileage test, the indoor test of the coefficient of determination R² (0.9714, 0.978, 0.99), in Outdoor R² (0.9725, 0.981, 9437) showed a very strong relationship between speed and mileage. For battery temperature, a strong relationship with R² values (0.9244, 0.8377, 8833) in Indoor and Outdoor R² (0.7695, 0.9619, 0.8769) in Outdoor conditions indicates that there are other factors that may affect battery temperature other than speed, especially in outdoor conditions. The battery capacity showed a significant decrease with increased speed, very high relationship in indoor conditions with R²(0.9714, 0.978, 0.99) and R²(0.9725, 0.981, 0.9437) in Outdoor. The results of the study show that increasing speed has a significant effect on mileage, battery capacity, and increasing battery temperature, which emphasizes the importance of speed management to maintain the efficiency and optimal performance of electric vehicles.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efisiensi Kendaraan,Kinerja Baterai Listrik,Volta 401 Vehicle Efficiency,Electric Battery Performance,Volta 401 |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Elektro |
| Divisions: | Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Sudarman |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:15 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:15 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3094 |
