Jannah, Azrefki Miftahul and Pasra, Nurmiati (2024) ANALISIS KARAKTERISTIK PENGGUNAAN BATERAI PADA KENDARAAN LISTRIK DENGAN VARIASI KONDISI JALAN DAN BERAT BADAN PENGGUNA. Diploma thesis, ITPLN.
SKRIPSI 202011225 AZREFKI MIFTAHUL JANNAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Belakangan ini, kendaraan listrik sedang digemari banyak pengguna di seluruh dunia. Hal ini mendorong penggunaan energi listrik dalam sistem transportasi sebagai pengganti bahan bakar minyak. Pada penelitian ini, objek yang diteliti adalah motor listrik. Penelitian ini menggunakan baterai sebagai bahan bakar dengan kondisi jalan dan berat badan yang berbeda. Dengan metode pengambilan data langsung di lapangan pada jalan dan berat badan berbeda. Semakin berat beban yang ditanggung motor, konsumsi baterainya lebih besar karena membutuhkan energi yang lebih besar untuk melakukan perpindahan. Variasi medan jalan juga mempengaruhi konsumsi baterai. Pada kondisi jalan ramai dan jalan rusak sempit, akselerasi dan deselerasinya sering berulang. Kondisi jalan mendatar sepi, akselerasi konstan sehingga konsumsi baterainya rendah. Kondisi jalan menanjak, membutuhkan torsi yang lebih tinggi. Daya keluaran pada penelitian 5 menit sebesar 612,31 watt dan konsumsi baterainya sebesar 14% (daya tertinggi). Pada penelitian 10 menit sebesar 857,66 dan konsumsi baterai pada penelitian 15 menit sebesar 656,13 watt dan konsumsi baterai 14%. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan pengguna motor listrik dapat mengetahui lebih banyak tentang konsumsi baterai sehingga dapat menggunakan motor listrik lebih efisien, serta dapat menarik pengguna baru untuk menggunakan motor listrik demi mendukung program net zero emission.
these days, electric vehicles are being favored by many users around the world. This encourages the use of electrical energy in transportation systems as a substitute for fuel oil. In this research, the object under study is an electric motor. This research uses batteries as fuel with different road conditions and body weight. With the method of taking data directly in the field on different roads and body weight. The heavier the load borne by the motor, the greater the battery consumption because it requires more energy to make the displacement. Variations in road terrain also affect battery consumption. On busy roads and narrow roads, the acceleration and deceleration are often repeated. On quiet flat roads, the acceleration is constant and hence the battery consumption is low. On uphill roads, require higher torque. The output power in the 5-minute study was 612.31 watts and the battery consumption was 14% (highest power). The 10-minute study amounted to 857.66 and the battery consumption in the 15-minute study amounted to 656.13 watts and 14% battery consumption. With this research, it is hoped that electric motorcycle users can know more about battery consumption so that they can use electric motors more efficiently, and can attract new users to use electric motors to support the net zero emission program.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Baterai, Berat Badan, Daya, Kendaraan listrik, Kondisi jalan Battery, Electric vehicle, Power, Road conditions, weight |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Elektro |
| Divisions: | Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Sudarman |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:47 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:47 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3104 |
