Wijaya, Moch Rizcky Ramadhan and putra, Rizki Pratama (2024) ANALISIS PENGARUH PEMBEBANAN DAN PENGATURAN KECEPATAN PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK KONVERSI TERHADAP KONSUMSI DAYA BATERAI LITIHIUM ION. Diploma thesis, ITPLN.
SKRIPSI 202011195 MOCH RIZCKY RAMADHAN WIJAYA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pada saat ini untuk kendaraan listrik yang sudah ada dijalanan masih memiliki sebuah kekukarangan, yang mana kekurangan tersebut berupa belum dapat memprediksi berapakah jarak tempuh dan juga lama baterai tersebut dapat bertahan, yang mana dalam hal ini terpengaruhi oleh berat pengendara dan juga gaya berkendara dari pengendara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sepeda motor listrik hasil konversi dengan penggerak tengah ketika diberi pembebanan dan pengaturan kecepatan terhadap konsumsi daya baterai. Parameter yang diambil adalah arus (A), tegangan (V), dan daya (W) dari hasil perhitungan. Data diambil melalui eksperimen langsung pada kendaraan listrik roda dua menggunakan Clampmeter dan Dynotest. Hasil eksperimen menunjukkan arus terbesar pada kecepatan 80 km/j dengan berat total 229,6 kg adalah 53,65 A dan daya 3894,99 W, menghasilkan waktu habis baterai 0,3728 jam dan jarak tempuh 38,296 km. Kesimpulannya, semakin besar kecepatan dan berat, semakin besar arus dan daya, yang mempercepat habisnya baterai dan memperpendek jarak tempuh.
Currently, electric vehicles that are already on the road still have a shortcoming, which is that they cannot predict how far they can travel and how long the battery will last, which in this case is influenced by the weight of the driver and also the driving style of the driver. This research aims to determine the characteristics of a converted electric motorbike with a central drive when given a load and speed settings on battery power consumption. The parameters taken are current (A), voltage (V), and power (W) from the calculation results. Data was taken through direct experiments on two-wheeled electric vehicles using Clampmeter and Dynotest. Experimental results show that the largest current at a speed of 80 km/h with a total weight of 229.6 kg is 53.65 A and a power of 3894.99 W, resulting in a battery drain time of 0.3728 hours and a distance of 38.296 km. In conclusion, the greater the speed and weight, the greater the current and power, which accelerates battery discharge and shortens the distance traveled.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kendaraan Listrik, Baterai, Konsumsi Daya, Kecepatan, Pembebanan Electric Vehicles, Batteries, Power Consumption, Speed, loading |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Elektro |
| Divisions: | Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Sudarman |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:24 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:24 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3119 |
