Sina, Muhammad Ibnu and Putra, Rakhmadi Irfansyah and Dahroni, Andi (2019) Rancang Bangun Sistem Pengaduan dan Layanan Informasi dengan Klasifikasi Sesuai Tempat Penanganan Menggunakan Metode Naïve Bayes Pada PTSP KOMINFO. Diploma thesis, STT PLN.
SKRIPSI_Muhammad Ibnu Sina_2014 31 282.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
The One Stop Integrated Service System (PTSP) kominfo is currently serving users by requiring them to come to the location to make service users who are far from the location of the service difficult. Users are also required to pick up tickets and queue until ticket numbers are called to be served one by one. In the complaints data collection system and PTSP information service, it is still done manually by the staff on duty so that there is still data that is wrong in filling in the place of handling. Therefore, it requires an application that can facilitate service users who are far from the service location can make a complaint or request information about licensing without having to come to the PTSP location and wait for the queue and also this application can analyze and categorize complaints data and information requests enter using a text mining algorithm and classification with naïve Bayes method according to the subdirectorate who will handle it. With the existence of a complaints system and this information service users who are in locations far from PTSP can easily access services from anywhere and do not need to queue and make it easier for employees to group data and answer complaints and request information quickly.
Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kominfo pada saat ini melayani para pengguna dengan mengharuskannya datang ke lokasi sehingga membuat para pengguna layanan yang berada jauh dari lokasi pelayanan kesulitan. Para pengguna juga diharuskan mengambil tiket dan mengantre sampai nomor tiket dipangil untuk dilayani satu per satu. Dalam sistem pendataan pengaduan dan layanan informasi PTSP juga masih dilakukan secara manual oleh pegawai yg bertugas sehingga masih ada terjadinya data yang keliru pada pengisian dalam menempatan penanganannya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan para pengguna layanan yang berada jauh dari lokasi pelayanan dapat melakukan pengaduan atau meminta informasi tentang perizinan tanpa harus datang ke lokasi PTSP serta menunggu antrean dan juga aplikasi ini dapat menganalisis serta mengelompokan data pengaduan dan permintaan informasi yang masuk menggunakan algoritma text mining dan klasifikasi dengan metode naïve bayes sesuai subdirektorat yang akan menanganinya. Dengan adanya sistem pengaduan dan layanan informasi ini pengguna yang berada di lokasi yang jauh dari PTSP dapat dengan mudah mengakses layanan darimana saja dan tidak perlu mengantre serta memudahkan pegawai dalam mengelompokan data dan menjawab pengaduan dan permintaan informasi dengan cepat.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Complaints Classification, Naïve Bayes, Text Mining, PTSP Klasifikasi Pengaduan, Naïve Bayes, Text Mining, PTSP. |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:36 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:36 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3137 |
