STUDI KlNERJA SlMPANG BERSlNYAL MENGGUNAKAN METODE PKJl 2014 DAN PTV VlSSlM (STUDl KASUS PRAPATAN GEBRUG JAKARTA SELATAN)

Lumbantobing, Samuel Jordan Jubilate and Handayasari, Indah (2024) STUDI KlNERJA SlMPANG BERSlNYAL MENGGUNAKAN METODE PKJl 2014 DAN PTV VlSSlM (STUDl KASUS PRAPATAN GEBRUG JAKARTA SELATAN). Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of FINAL SKRIPSI_SAMUEL JORDAN JUBILATE LUMBANTOBING_202021103.pdf] Text
FINAL SKRIPSI_SAMUEL JORDAN JUBILATE LUMBANTOBING_202021103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kemacetan di jalan raya sering terjadi, terutama di persimpangan yang merupakan titik pertemuan dan percabangan jalur lalu lintas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis serta meningkatkan efisiensi kondisi kinerja prapatan Gebrug dengan menerapkan metode PKJI 2014 dan Software PTV Vissim, serta menemukan faktor yang mempengaruhi kinerja tersebut. Penelitian ini memanfaatkan data primer yang diperoleh secara langsung melalui pengamatan di Persimpangan Gebrug jalan Gedung Hijau Raya yang mengarah ke jalan Ciputat Raya Jakarta Selatan dalam kurun waktu 4 bulan menggunakan PKJI 2014 dan (Software PTV Vissim 2024). Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, kinerja simpang bersinyal Prapatan Gebrug kurang baik dengan kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, jumlah kendaraan henti, dan tundaan yang perlu dipebaiki dengan cara mengatur kembali durasi lampu hijau. Penelitian juga menemukan bahwa traffic light dapat mengurangi kemacetan dengan optimalisasi durasi lampu lalu lintas. Terakhir, ditemukan bahwa volume lalu lintas, waktu siklus sinyal, panjang antrian kendaraan dan desain fisik simpang menjadi faktor yang mempengaruhi kelancaran dan efisiensi lalu lintas.

Congestion on highways often occurs, especially at intersections which are meeting points and branching traffic lanes. This study aims to analyze and improve the efficiency of the performance conditions of the Gebrug intersection by applying the PKJI 2014 method and PTV Vissim Software, and find factors that affect the performance. This research utilizes primary data obtained directly through observations at the Gebrug Intersection of Gedung Hijau Raya road leading to Ciputat Raya road, South Jakarta within a period of 4 months using PKJI 2014 and (PTV Vissim 2024 Software). Based on observations that have been made, the performance of the Prapatan Gebrug signalized intersection is not good with capacity, degree of saturation, queue length, number of stopped vehicles, and delays that need to be improved by rearranging the duration of the green light. The study also found that traffic lights can reduce congestion by optimizing the duration of traffic lights. Finally, it was found that traffic volume, signal cycle time, vehicle queue length and physical design of the intersection are factors that affect traffic flow and efficiency.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PKJI 2014, PTV Vissim, Panjang Antrian PKJI 2014, PTV Vissim, Queue Length
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:21
Last Modified: 28 Aug 2025 04:21
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item