ANALISA PENGARUH TEMPERATUR BEARING TINGGI PADA MOTOR INDUKSI 3 FASA POMPA SIRKULASI PENDINGIN AIR UP MUARA KARANG BLOK III

Purwanto, Rafliansyah Fajar and Pahiyanti, Novi Gusti (2024) ANALISA PENGARUH TEMPERATUR BEARING TINGGI PADA MOTOR INDUKSI 3 FASA POMPA SIRKULASI PENDINGIN AIR UP MUARA KARANG BLOK III. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 202011153 RAFLIANSYAH FAJAR PURWANTO.pdf] Text
SKRIPSI 202011153 RAFLIANSYAH FAJAR PURWANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Motor induksi merupakan motor arus bolak-balik (AC) yang paling luas digunakan. Penggunaan motor di perusahaan industri adalah sebagai penggerak utama proses produksi, dimana untuk menunjang berbagai sistem produksi. Salah satu mesin penunjang proses pendingin pada PLTGU UP Muara Karang adalah Motor CCWP (Closed Cooling Water Pump) dimana motor tersebut termasuk jenis motor sebagai pendingin yang berfungsi memastikan sirkulasi air pendingin berlangsung secara terus menerus, sehingga mesin atau peralatan dapat beroperasi pada suhu yang optimal. Dengan mempertahankan aliran air yang konsisten, pompa ini membantu menjaga suhu dalam batas yang aman dan mencegah kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi. Temperatur yang tinggi pada bearing motor induksi merupakan masalah signifikan yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur operasional motor. Faktor-faktor seperti arus, tegangan, dan torsi beban memiliki korelasi yang erat dengan kenaikan temperatur pada bearing. Peningkatan arus sering kali disebabkan oleh beban yang berlebihan atau ketidakstabilan dalam distribusi daya, yang pada gilirannya menghasilkan panas lebih tinggi di sekitar bearing. Tegangan yang tidak stabil atau berfluktuasi juga dapat menyebabkan arus naik di luar batas yang diizinkan, memicu kenaikan suhu. Sementara itu, torsi beban yang meningkat cenderung meningkatkan kerja mekanis pada motor, yang mengakibatkan peningkatan gesekan dan panas pada bearing. Studi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara arus, tegangan, torsi beban, dan temperatur bearing, serta mengidentifikasi parameter operasional yang dapat dioptimalkan

Induction motors are the most widely used alternating current (AC) motors. The use of motors in industrial companies is as the main driver of the production process, which supports various production systems. One of the machines supporting the cooling process at PLTGU UP Muara Karang is the CCWP (Closed Cooling Water Pump) motor, where the motor is a type of motor as a cooler whose function is to ensure continuous circulation of cooling water, so that machines or equipment can operate at optimal temperatures. By maintaining consistent water flow, these pumps help keep temperatures within safe limits and prevent damage from excessively high temperatures. High temperatures in induction motor bearings are a significant problem that can affect the performance and operational life of the motor. Factors such as current, voltage and load torque have a close correlation with the temperature increase in the bearing. Increased current is often caused by excessive load or instability in power distribution, which in turn produces higher heat around the bearing. Unstable or fluctuating voltage can also cause the current to rise beyond the permissible limits, triggering a rise in temperature. Meanwhile, increasing load torque tends to increase mechanical work on the motor, which results in increased friction and heat in the bearing. This study aims to analyze the relationship between current, voltage, load torque and bearing temperature, as well as identifying operational parameters that can be optimized

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Suhu Tinggi, Bearing, Motor Induksi High Temperature, Bearing, Induction Motor
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 03 Nov 2025 02:34
Last Modified: 03 Nov 2025 02:34
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item
View Item