Widia, Nurul and abdurrasyid, abdurrasyid and Widiyanto, Max Teja Ajie Cipta (2018) IMPLEMENTASI METODE TF – IDF (TEXT MINING) PADA APLIKASI CHATBOT UNTUK TANYA JAWAB TENTANG FAQ PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STT-PLN. Diploma thesis, STT PLN.
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Chatbot is an application designed to communicate with the machine to acquire informations. Informations obtained are able to hopefully help answering the questions regarding the problems faced by students about The New Students
Admission of STT-PLN without place and time limits and can also be used time and time again.The chatbot is built by applying TF - IDF (Text Mining) and Cosine Similarity method. TF - IDF method is a means of giving relation significance of a term towards the question. Cosine similarity method is a method to calculate the similarity between two objects expressed by two vectors using keywords from a question as a measurement. The system development method used in this thesis is waterfall model. Training data for this research are as many as 8 questions FAQ. The result of this research shows system classification accuracy level
percentage amounting to 98%.
Chatbot adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk berkomunikasi dengan mesin untuk memperoleh informasi. Informasi yang diperoleh diharapkan dapat membantu menjawab pertanyaan mengenai kendala – kendala yang dihadapi
calon mahasiswa seputar Pendaftaran Mahasiswa Baru STT-PLN tanpa batasan ruang, waktu serta bisa dilakukan berulang – ulang. Chatbot ini dibangun dengan menerapkan TF – IDF (Text Mining) dan metode Cosine Similarity. Metode TF – IDF merupakan suatu cara untuk memberikan bobot hubungan suatu kata (term) terhadap pertanyaan. Metode cosine similarity merupakan metode untuk menghitung kesamaan antara dua buah objek yang dinyatakan dalam dua buah vector dengan menggunakan keywords (kata kunci) dari sebuah pertanyaan
sebagai ukuran. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Data latih yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 pertanyaan FAQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat ketepatan klasifikasi sistem adalah sebesar 98%
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Chatbot, Text Mining, TF – IDF, Cosine Similarity |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Informatika |
| Divisions: | Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika |
| Depositing User: | Sutrisno |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 03:40 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 03:40 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3324 |
