ANALISIS PERBANDINGAN BATERAI LITHIUM-ION BERDASARKAN WAKTU CHARGING TERHADAP STATE OF CHARGE (SoC) DAN JARAK PADA KENDARAAN MOTOR LISTRIK

Ardina, Andi Ahyina and Samsurizal, Samsurizal (2024) ANALISIS PERBANDINGAN BATERAI LITHIUM-ION BERDASARKAN WAKTU CHARGING TERHADAP STATE OF CHARGE (SoC) DAN JARAK PADA KENDARAAN MOTOR LISTRIK. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of SKRIPSI 202011077 ANDI AHYINA ARDINA.pdf] Text
SKRIPSI 202011077 ANDI AHYINA ARDINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi kendaraan listrik (EV) semakin pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya energi bersih dan upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Salah satu komponen kunci dalam kendaraan listrik adalah baterai lithium-ion, yang berfungsi sebagai sumber daya utama. Kinerja baterai lithium-ion sangat mempengaruhi efisiensi dan jangkauan kendaraan listrik, sehingga penelitian mengenai optimasi pengisian baterai menjadi sangat penting. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan SoC dari masing-masing baterai lithium ion dalam pengisian selama 60 menit. Mengetahui jarak tempuh terbanyak yang dihasilkan dari masing-masing motor setelah pengisian daya selama 60 menit, serta Menganalisis apa saja faktor utama yang mempengaruhi jarak tempuh terbanyak setelah 60 menit pengisian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan pemodelan Python untuk menjalankan berbagai simulasi lima macam baterai dengan spesifikasi yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada spesifikasi 72V/20Ah memberikan kinerja terbaik, meningkatnya State of Charge (SoC) sekitar 25% dan memberikan jarak tempuh 25 km setelah 1 jam pengisian serta 50,4V/30Ah memberikan SoC 17% dan jarak tempuh 25 km.

The development of electric vehicle (EV) technology is increasingly rapid along with increasing awareness of the importance of clean energy and global efforts to reduce greenhouse gas emissions. One of the key components in an electric vehicle is the lithiumion battery, which serves as the main power source. The performance of lithium-ion batteries greatly influences the efficiency and range of electric vehicles, so research on battery charging optimization is very important. The main objective of this research is to analyze the most influential factors in determining the SoC of each lithium ion battery when charging for 60 minutes. Find out the maximum mileage produced by each motorbike after 60 minutes of charging, and analyze the main factors that influence the greatest distance traveled after 60 minutes of charging. This research uses quantitative methods by carrying out Python modeling to run various simulations of five types of batteries with different specifications. The research results show that the 72V/20Ah specification provides the best performance, increasing the State of Charge (SoC) by around 25% and providing a distance of 25 km after 1 hour of charging and 50.4V/30Ah providing a SoC of 17% and a distance of 25 km.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan listrik, Baterai lithium-ion, Jarak tempuh, State of Charge (SoC) Electric vehicles, Lithium-ion batteries, Travel distance, State of Charge (SoC)
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:40
Last Modified: 04 Nov 2025 03:40
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item
View Item