Taufiqurrahman, Taufiqurrahman and Darmana, Tasdik (2024) ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI OPM (OTOMATISASI PEMELIHARAAN MODEM) DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI ANGGARAN DI TRANSAKSI ENERGI LISTRIK DI PT PLN UP3 MENTENG BERBASIS WEB. Diploma thesis, ITPLN.
SKRIPSI 202211544 TAUFIQURRAHMAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
PT PLN UP3 Menteng memliki pelanggan AMR 10.200 pelanggan pada bulan Juni 2024. Kini pelanggan dengan daya 6600 VA ke atas sudah menggunakan sistem pembacaan meter otomatis (AMR) dengan memanfaatkan media komunikasi NB-IoT (Narrow Band Internet of Things), dimana kWH Meter dan perangkat komunikasinya dapat mentransfer data melalui jaringan internet. Manfaat yang diperoleh adalah pembacaan meter pelanggan menjadi lebih akurat dibandingkan dengan pembacaan manual oleh petugas pembacaan meter. Terganggunya sistem komunikasi pengiriman data pada sistem AMR Sebagian besar akibat jenuhnya perangkat yang beroperasi tersebut, sehingga banyak diperlukan refresh atau restart pada perangkat maupun update firmware yang menjadi penyebab kegagalan, jumlah perangkat yang offline dalam satu hari lebih 25 pelanggan dan gangguan komunikasi pada saat penarikan EOB (End Off Billing) akhir bulan. Dengan hadirnya aplikasi OPM (Otomatisasi Pemeliharaan Modem) membuat penghematan anggaran pemeliharaan modem atau efisiensi sebesar 94% pertahun. Sehingga memudahkan pemeliharaan modem tanpa perlu datang langsung ke lokasi pelanggan yang akan membuat efisiensi anggaran perusahaan, waktu pemeliharaan yang cepat, dan mengurangi risiko kerja.
PT PLN UP3 Menteng has 10,200 AMR (Automatic Meter Reading) customers as of June 2024. Customers with power above 6600 VA now utilize Automatic Meter Reading (AMR) systems using NB-IoT (Narrow Band Internet of Things) communication media, where kWh meters and their communication devices can transfer data via the internet network. The benefit obtained is that customer meter readings become more accurate compared to manual readings by meter readers. Communication system disruptions in data transmission on the AMR system mostly occur due to device saturation, requiring frequent refreshes, restarts of devices, and firmware updates, which cause failures. The number of offline devices per day is more than 25 customers, and there are communication disruptions during End Off Billing (EOB) at the end of the month. The presence of the OPM (Modem Maintenance Automation) application achieves budget savings on modem maintenance of up to 94% per year. This facilitates modem maintenance without the need to visit customer locations, thereby improving company budget efficiency, reducing maintenance time, and minimizing work risks.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kWH Meter, AMR, restart, update firmware, EOB. kWh Meter, AMR, restart, update firmware, EOB. |
| Subjects: | Skripsi Bidang Keilmuan > Teknik Elektro |
| Divisions: | Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan > S1 Teknik Elektro |
| Depositing User: | Sudarman |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:26 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:26 |
| URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3472 |
