Aplikasi Penentuan Prioritas Penanganan Pelanggan Pasang Baru Dan Perubahan Daya PLN Dengan Multi Factor Evaluation Process (Studi Kasus : PT.PLN (Persero) Area Cengkareng)

Sinurat, Christina Yulisnawati and Kusuma, Dine Tiara and Aziza, Rosida Nur (2018) Aplikasi Penentuan Prioritas Penanganan Pelanggan Pasang Baru Dan Perubahan Daya PLN Dengan Multi Factor Evaluation Process (Studi Kasus : PT.PLN (Persero) Area Cengkareng). Diploma thesis, STT PLN.

[thumbnail of ChristinaSinurat_201431071.pdf] Text
ChristinaSinurat_201431071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Aplikasi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan informasi yang semakin maju dan seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Banyaknya data dan berkas pelanggan yang tidak sesuai ketika melakukan pendaftaran online menyebabkan adanya daftar tunggu yang menghambat proses bisnis yang terjadi di PT.PLN(Persero) Area Cengkareng. Penulis merancang sebuah aplikasi berbasis web dan melakukan sebuah penelitian pembuatan aplikasi yang berfungsi untuk membangun sistem penanganan prioritas pelanggan pasang baru dan perubahan daya PLN dan dapat memudahkan pelanggan dalam memperoleh pemberitahuan permohonan yang sudah diajukan, dalam hal ini penulis berfokus pada bahasa pemrograman PHP sebagai outputnya. Metodenya menggunakan metode Multi Factor Evaluation Process untuk prosesnya. Multi Factor Evaluation Process (MFEP) mengambil keputusan multi faktor karena dalam proses pemilihan alternatif terbaik untuk penulisan ini adalah menggunakan “weighting system”, dimana metode tersebut merupakan metode kuantitatif. Oleh karena itu aplikasi ini dapat berguna untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi permohonan yang diajukan kepada PLN dan pegawai dapat menentukan prioritas penanganan pelanggan pasang baru dan perubahan daya, sehingga proses pemasangan akan menjadi lebih mudah dan dapat menghindari terjadinya daftar tunggu.

This application is designed in accordance with the information needs that are increasingly advanced and in line with the development of computer technology that is very fast, both in terms of hardware and software. The amount of data and files that customers do not match when registering online causes a waiting list that hampers business processes that occur at PT. PLN (Persero) Area Cengkareng. The author designs a web-based application and conducts an application-making research that serves to build a system for handling new customer priority priorities and changes in PLN power and can facilitate customers in obtaining notification of applications that have been submitted, in this case the author focuses on the PHP programming language as its output. The method uses the Multi Factor Evaluation Process method for the process. The Multi Factor Evaluation Process (MFEP) takes a multi-factor decision because in the process of selecting the best alternative for this writing is to use a "weighting system", where the method is a quantitative method. Therefore this application can be useful to facilitate customers in obtaining information on applications submitted to PLN and employees can determine priorities for handling new pairs of customers and power changes, so that the installation process will be easier and can avoid the waiting list.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multi Factor Evaluation Process, Priority, Waiting List Multi Factor Evaluation Process, Prioritas, Daftar Tunggu
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:25
Last Modified: 06 Nov 2025 07:25
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item
View Item