Kurniawan, Rayhansyach Genevieve and Handayasari, Indah (2022) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN HAJI MULYADI JOYO MARTONO KOTA BEKASI. Diploma thesis, ITPLN.
![[thumbnail of Rayhansyach GK_201821032.pdf]](https://repository.itpln.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rayhansyach GK_201821032.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kota Bekasi merupakan suatu kota yang memiliki jumlah penduduk tinggi dan dipilih menjadi kota pusat kegiatan dan pusat strategis nasional yang memiliki fungsi sebagai objek aktivitas industri. Salah satu ruas jalan arteri primer di Kota Bekasi yakni Jalan Haji Mulyadi Joyo Martono memiliki permasalahan berupa adanya hambatan pada ruas jalan tersebut sehingga diperlukan adanya pengujian dengan menggunakan metode PKJI 2014. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kinerja ruas jalan, nilai tingkat pelayanan serta alternatif solusi terkait permasalahan pada ruas jalan tersebut. Pengambilan data dilakukan selama 6 hari (Senin-Sabtu) pada jam puncak pagi hari 06.00-09.00 WIB dan sore hari 16.00-19.00 WIB. Pengolahan dan analisa yang didapat dengan menggunakan metode PKJI 2014 yaitu kelas hambatan samping ruas jalan Haji Mulyadi Joyo Martono Kota Bekasi memiliki klasifikasi rendah, nilai kecepatan arus bebas 52,02 km/jam, nilai kapasitas 1518 skr/jam per lajur, derajat kejenuhan 0,5543 dan tingkat pelayanan jalan adalah C yang menunjukkan arus stabil, tetapi kecepatan gerak kendaraan dikendalikan. Setelah dilakukan perencanaan terkait pelebaran jalur terdapat beberapa perubahan, yaitu nilai kecepatan arus bebas menjadi 55 km/jam, nilai kapasitas 1600,5 skr/jam per lajur, nilai derajat kejenuhan menjadi 0,5257, dan untuk nilai tingkat pelayanan tidak mengalami perubahan.
Bekasi City is a city that has a high population and was chosen to be a city center of activity and a national strategic center that has a function as an object of industrial activity. One of the primary arterial roads in Bekasi City, namely Jalan Haji Mulyadi Joyo Martono, has problems in the form of obstacles on these road sections so that testing is needed using the PKJI 2014 method. The purpose of this study is to determine the performance of road sections, the value of service levels and alternative solutions related to problems on these road sections. Data collection is carried out for 6 days (Monday Saturday) at the peak hour in the morning 06.00-09.00 WIB and in the afternoon 16.00 19.00 WIB. The processing and analysis obtained using the PKJI 2014 method, namely the side resistance class of the Haji Mulyadi Joyo Martono road section in Bekasi City has a low classification, the free flow speed value is 52.02 km / hour, the capacity value is 1518 skr / hour per lane, the saturation degree is 0.5543 and the road service level is C which indicates astable traffic flow, but the vehicle's moving speed is controlled . After planning related to the widening of the line, there were several changes, namely the value of the free flow speed to 55 km / h, the capacity value of 1600.5 skr / h per lane, the value of the degree of saturation to 0.5257, and for the value of the service level did not change.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKJI 2014, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan PKJI 2014, Side Obstacles, Road Service Level |
Subjects: | Bidang Keilmuan > Teknik Sipil Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil |
Depositing User: | Sudarman |
Date Deposited: | 29 Aug 2025 04:13 |
Last Modified: | 29 Aug 2025 04:13 |
URI: | https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/356 |