ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN PENYAMBUNGAN REL KERETA API ANTARA METODE LAS THERMIT R54 DAN METODE PELAT SAMBUNG PADA PROYEK DOUBLE-DOUBLE TRACK STASIUN MANGGARAI S/D JATINEGARA

Bunok, Gloria Eireine Luisia and Siswoyo,, Sriyono D (2022) ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PELAKSANAAN PENYAMBUNGAN REL KERETA API ANTARA METODE LAS THERMIT R54 DAN METODE PELAT SAMBUNG PADA PROYEK DOUBLE-DOUBLE TRACK STASIUN MANGGARAI S/D JATINEGARA. Diploma thesis, ITPLN.

[thumbnail of Gloria Eireine_201821011.pdf] Text
Gloria Eireine_201821011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan Switch Over 5.0 pada proyek Double-double Track Stasiun Manggarai s/d Jatinegara memiliki pekerjaan penyambungan rel kereta api yang memiliki 2 metode yaitu Plat Sambung dan Las Thermit R54. Plat Sambung merupakan merupakan benda logam yang membantu proses penyambungan antara 2 potongan rel kereta dan di eratkan dengan alat bantu kunci inggris. Las Thermit R.54 merupakan proses pengelasan yang menggunakan campuran cairan serbuk aluminium dan besi oksida pada rel kereta yang guna menggabungkan antara dua potongan rel kereta. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisisi perbandingan waktu dan biaya antara metode Plat Sambung dan metode Las Thermit R54 mana yang lebih optimal. Dari analisis perhitungan didapatkan waktu pekerjaan metode Plat Sambung yaitu 55 menit, sedangkan metode Las Thermit R54 yaitu 98 menit. Sehingga metode Plat Sambung lebih cepat 43 menit dibandingkan metode Las Thermit R54. Dari segi biaya, metode Plat Sambung memerlukan biaya Rp 5.886.938, sedangkan metode Las Thermit R54 sebesar Rp 1.821.337. Hal ini menunjukan bahwa pekerjaan dengan metode Las Thermit R54 lebih hemat dibandingkan metode Plat Sambung. Setelah ditinjau dari segi waktu dan biaya, metode Plat Sambung lebih cepat proses pekerjaannya, namun dari segi biaya lebih hemat metode Las Thermit R54.

The implementation of the Switch Over 5.0 activity in the Double-double Track project of Manggarai Station to Jatinegara has a railway connection work that has 2 methods, namely The Connecting Plate and Las Thermit R54. The Connecting Plate is a metal object that helps the connection process between 2 pieces of the railroad tracks and is secured with a wrench tool. Thermit R.54 welding is a welding process that uses a mixture of aluminum powder and iron oxide on the railroad tracks to combine two pieces of railroad tracks. This study aims to analyze the comparison of time and cost between the Connecting Plate method and the Thermit R54 Welding method which is more optimal. From the calculation analysis, the work time of the Connecting Plate method was 55 minutes, while the Las Thermit R54 method was 98 minutes. So that the Connecting Plate method is 43 minutes faster than the Thermit R54 Welding method. In terms of cost, the Connecting Plate method costs Rp. 5,886,938, while the Thermit R54 Welding method is Rp. 1,821,337. This shows that work with the Thermit R54 Welding method is more efficient than the Connecting Plate method. After being reviewed in terms of time and cost, the Connecting Plate method is faster to process the work, but in terms of cost, it is more efficient for the Thermit R54 Welding method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Plat Sambung, Las Thermit R54, Analisa waktu, Analisa biaya. Connecting Plate, Welding Thermit R54, Time analysis, Cost analysis
Subjects: Bidang Keilmuan > Teknik Sipil
Skripsi
Divisions: Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan > S1 Teknik SIpil
Depositing User: Sudarman
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:58
Last Modified: 29 Aug 2025 07:58
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item