Prediksi Jumlah Kelas Suatu Matakuliah Menggunakan Metode Fuzzy ( Studi Kasus : JurusanTeknik Informatika STT-PLN)

Faiqoh, Muwarokatul and Fitriani, Yessy and Rifai, M. Farid (2018) Prediksi Jumlah Kelas Suatu Matakuliah Menggunakan Metode Fuzzy ( Studi Kasus : JurusanTeknik Informatika STT-PLN). Diploma thesis, STT PLN.

[thumbnail of SKRIPSI_201431225_MUWAROKATUL FAIQOH.pdf] Text
SKRIPSI_201431225_MUWAROKATUL FAIQOH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Prediksi jumlah matakuliah dilakukan pihak jurusan sebelum membuat jadwal setiap matakuliah. Pada prakteknya jumlah kelas setiap matakuliah memiliki jumlah yang berbeda dan sering terjadi pembukaan atau penutupan kelas saat penyusunan KRS akibat dari jumlah kelas yang tidak sesuai dengan jumlah mahasiswa. Diperlukan sistem untuk menghasilkan prediksi jumlah kelas, sehingga dapat mengurangi kemungkinan pembukaan kelas baru karena peminatnya melebihi kapasitas kelas yang ada ataupun penutupan kelas karena kurangnya peminat pada suatu kelas yang akan dibuka. Metode fuzzy digunakan untuk memprediksi kecenderungan mahasiswa yang akan mengulang suatu matakuliah berdasarkan variabel angkatan dan nilai mahasiswa. Metode KMeans digunakan untuk mengelompokkan matakuliah dengan Jumlah mahasiswa yang mengulang menjadi 2 kelompok berdasarkan jumlah mahasiwa yang sudah pernah mengambil dan jumlah mahasiwa yang mengulang suatu matakuliah. Dari kedua metode yang digunakan diimplementasikan ke dalam sistem aplikasi prediksi jumlah kelas. Hasil dari proses metode fuzzy dan Kmeans menjadi output pada aplikasi prediksi jumlah kelas.

Prediction of the number of courses carried out by secretary majoring in Informatics Engineering before making a schedule of each course. In practice the number of classes in each course has a different number and there is often an opening or closing of classes when the preparation of the KRS results from the number of classes that are not in accordance with the number of students. A system is needed to generate predictions of the number of classes, thereby
reducing the possibility of opening a new class because the demand exceeds the existing class capacity or classroom closure due to a lack of interest in a class to be opened. Fuzzy method is used to predict the tendency of students who will repeat a course based on the variable of force and student value. K-Means method is used to classify subjects with the number of students who repeat into 3 groups based on the number of students who have taken and the number of students repeat a course. Of the two methods used are implemented into the system of predictions of the number of classes. The result of the fuzzy and Kmeans method is the output in the class prediction app.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prediction, courses, fuzzy, k-means prediksi, matakuliah, fuzzy, k-means
Subjects: Skripsi
Bidang Keilmuan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Telematika Energi > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:06
Last Modified: 13 Nov 2025 04:06
URI: https://repository.itpln.ac.id/id/eprint/3818

Actions (login required)

View Item
View Item